Orang Sukses, Rejekinya Tidak dipatok Ayam

Benar kata orang dulu, biasakan bangun pagi biar rejeki tidak dipatok ayam.

Paling tidak, hal ini sudah dibuktikan sejumlah pebisnis dan tokoh dunia. Raihan sukses mereka tentu karena kerja keras yang dimulai sejak pagi hari. 

Tim Cook, CEO Apple, memulai harinya dengan bagun jam 3.45 pagi. Dia biasa memanfaatkan waktunya untuk mengecek surel selama satu jam, merebahkan badannya sesekali, lalu langsung menuju ke gym, setelahnya dia ke Starbucks sambil mengecek email kembali, lalu bekerja. "Intinya, saat kamu mengerjakan hal yang kamu sukai, kamu nggak akan merasa kamu bekerja. Tapi memang karena kamu suka. Dan cara ini membuat saya semakin mengenal diri sendiri," ucap Cook.

"Agak siangan" ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama bangun pukul 4.30 pagi. Aktifitas pertamanya adalah olahraga. "Kalau aku nggak olahraga, aku merasa nggak sehat dan aku akan stress,"ujarnya dalam wawancara bersama Oprah. Michelle sering memanfaatkan waktunya di pagi hari untuk olahraga dan bekerja saat kedua anaknya masih tertidur. Baginya keluarga dan pekerjaan haruslah seimbang. 

Nah, sementara yang punya warung kopi Starbucks, Howard Scultz juga terbiasa bangun jam 4.30 pagi. Sepagi itu biasanya ia mengajak tiga anjingnya jalan pagi, setelahnya membuat kopi untuk dirinya dan istrinya. Bicara soal kopi, favoritnya Schultz adalah kopi Sumatera. Setelah minum kopi pukul 5:45 pagi, dia mulai bekerja.

Ada juga Bob Iger, CEO Disney. Kuncinya disiplin. Dalam satu minggu penuh, dia selalu bangun pukul 04:30 pagi. Bob nggak akan peduli meski dia berada di tempat lain, pokoknya Bob tetap bangun saat subuh karena ia merasa lebih produktif tanpa ada banyak gangguan. Biasanya ia memanfaatkan waktu di pagi hari untuk main sepeda, aerobik dua minggu sekali dan bekerja. Menurutnya di pagi hari adalah waktu yang bagus untuk berpikir dan olahraga di pagi hari mampu mengurangi stress dan meningkatkan stamina, apalagi stamina sangat dibutuhkan saat bekerja. 

Betul pak Bob! ada banyak manfaat dari bangun pagi yang akan membuat hari kamu lebih berisi dan menyenangkan!

Bangun pagi, menghirup udara segar dan merasakan sejuknya pagi bisa membuat kamu lebih bersemangat. Inspirasi dan ide juga lebih mudah muncul di otak. Sebuah penelitian dari Texas University mengungkapkan bahwa pelajar yang bangun lebih pagi memiliki kesempatan karier yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang hobi begadang.

Orang yang mengawali aktifitas lebih pagi adalah orang yang pandai mengatur waktu. Misal, ketika kamu bangun jam 5 pagi dan jarak kantor nggak jauh dari rumah, kamu bisa menyempatkan diri untuk berolahraga. Tapi kalau kantor kamu jauh, kamu bisa memulai hari dengan mandi dan menyiapkan sarapan.

Kalau kamu bangun siang dan datang terlambat sampai kantor, maka hari akan terasa lebih singkat. Memasuki jam pulang kerja, kamu masih punya beberapa tugas sehingga harus lembur, padahal fisik dan pikiran kamu sudah lelah. Sedangkan tiba di kantor lebih pagi bisa membuat waktu kamu terasa lebih lama sehingga semua pekerjaan selesai dan bisa pulang tepat waktu.

Nah, mari mulai dibiasakan bangun pagi dan beraktifitas lebih rajin ya. Moga-moga ketularan sukses macam beliau-beliau itu. 

inspirasi pagi timcook rahasia sukses