Mengenal Tongdaeng, "Hachiko" dari Thailand

Baik Tongdaeng maupun Hachiko menunjukkan kesetiaan dan loyalitas yang tinggi pada pemiliknya.

Kita tentu mengenal Hachiko, anjing dari Jepang yang begitu setia menunggu tuannya, Hidesaburo Ueno pulang di stasiun kereta. Kesetiaan dan loyalitas yang tinggi membuat sosoknya populer dan jadi idola.

17 tahun bersama

17 tahun bersama

Ada juga Tondaeng, seekor anjing betina milik Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej. Sang Raja mengadopsi anjing terlantar ini dari tempat penampungan dan sejak itu menjadi teman baiknya, kesayangannya. Sang Raja menggambarkan kepribadian sang anjing yang penuh hormat.

"Tongdaeng is a respectful dog with proper manners; she is humble and knows protocol. She would always sit lower than the King; even when he pulls her up to embrace her, Tongdaeng would lower herself down on the floor, her ears in a respectful drooping position, as if she would say, 'I don't dare" tulis Raja, dalam buku biografi sang anjing, The Story of Tongdaeng.

Bersama lagi

Bersama lagi

Sang Raja dan Tongdaeng hidup bersama selama 17 tahun. Anjing manis yang loyal ini meninggal dengan tenang dalam tidur pada akhir tahun 2015 lalu. Dia diabadikan dalam bentuk perangko, buku dan banyak suvenir lainnya. Lebih dari itu, kesetiaan dan loyalotas Tongdaeng menginspirasi jutaan rakyat Thailand. Kini Sang Raja telah berpulang. Mungkin dia tengah bermain bersama Tongdaeng dengan riang gembira.

Teman bermain

Teman bermain

Maupun dalam urusan kenegaraan

Maupun dalam urusan kenegaraan

Beloved Tongdaeng

Beloved Tongdaeng

anjing tongdaeng hachiko rajathailand thailand