Mengenal Nasi Subut, Kuliner khas Kalimantan Timur

Di Kalimantan Timur,terdapat satu wilayah bernama Tana Tidung. Disini kamu bisa menemukan makanan khas bernama Nasi Subut.

Fun

Pernahkah kamu berkunjung ke Kalimantan? Di daerah Kalimantan Timur, terdapat tiga suku utama yangberdiam di sana yaitu Suku Banjar, Suku Dayak, dan Kutai. Keragaman ini tidak hanya menawarkan wisata budaya yang menarik, kuliner khas KalimantanTimur pun bisa kamu cicipi.

Di Kalimantan Timur,terdapat satu wilayah bernama Tana Tidung. Daerah ini merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Timur. Disini pula bisa kamu temukan makanan khas bernama Nasi Subut

Apa keunikan nasi ini? Nasi subut biasanya disajikan dengan sate ikan pari. Nasi subut sendiri dibuat dari nasi, jagung, dan ubi jalar berwarna ungu. Ubi jalar ini membuat nasi subut berwarna ungu, berbeda dengan nasi biasa yang berwarna putih atau merah. 

Membuat nasi subut pun tidak sulit. Bahan nasi dan ubi jalar direbus atau dikukus sampai matang, sedangkan untuk biji jagung diberi sedikit garam agar gurih. Setelah itu,ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu. 

Padanan lauk populer masyarakat asli Tana Tidung adalah ikan pari. Ini tidaklah heran karena di daerah tersebut terdapat Sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur. Para nelayan menangkap ikan pari yang banyak terdapat si sungai ini untuk bahan makanan. 

Buat kamu yang masih penasaran, berikut resep Nasi Subut Sate Ikan Pari yang bisa kamu coba.


Bahan:

- 200gr beras

- 100gr ubi ungu, potong dadu

- 100gr jagung manis, pipil

- 300ml air

 

Bahan Sate Pari

- 1 ekor ikan pari, buang kulit, potong dadu

- 1 sdm air jeruk nipis

- Tusuk sate secukupnya

 

Bumbu:

- 1sdt merica

- 2 cm kunyit

- 5 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

 

Bahan Saus:

- 2 buah tomat, haluskan

- 5 butir bawang merah

- 5 sdm Sambal Asli Sasa

-  Gula secukupnya

- Garam secukupnya

 

Cara Membuat:

1.    Didihkanair, masukkan beras, masak hingga menjadi nasi aron. Angkat. Masukkan ubi danjagung, kukus selama 30 menit.

2.    Lumuriikan pari dengan air jeruk nipis, lumuri dengan bumbu halus, tusuk dengan tusuksate.

3.    Panggangsate ikan pari hingga matang.

4.    Saus: Tumis tomat, bawang merah,gula dan garam hingga harum. Tambahkan Sambal Asli Sasa, masak hingga matang

Selamat mencoba!

resep nasi subut nasi subut sate ikan pari