Liburan Bareng Teman, Senang atau Rempong ?

Niatnya mau senang-senang, liburan bersama teman ke tempat favorit. Namun ternyata, perjalanan tidak seindah bayangan.

Niatnya mau senang-senang, liburan bersama teman ke tempat favorit. Namun ternyata, perjalanan tidak seindah bayangan. Karakter asli masing-masing baru keluar saat berada dijalan. Nah lho.. bagaimana, padahal.. teman jalan adalah keluarga diperjalanan. Masak mau cekcok terus?

Untuk menghindari hal-hal yang kurang mengenakkan saat jalan-jalan, perhatikan 6 hal berikut ya!

1. Fun First

Camkan baik-baik, bahwa tujuan kalian saat berlibur adalah untuk bersenang-senang. Hal-hal yang timbul selain kesenangan, harap diabaikan sementara. Buat yang suka sensi, lemesin aja. Buat yang disiplin, lemesin juga, namanya juga lagi liburan, enggak usah kaku-kaku amat. Toh itinerary sudah disusun bersama kan?

Fun with friends, pay your own bills.

Fun with friends, pay your own bills.

2. Bawa uang, bukan ngutang

Beli tiket kamu sendiri, bayar kalau belinya memakai kartu kredit teman kamu. Selalu sediakan uang tunai. Bayar makan sendiri, namun jangan pelit atau hitungan kalau mau beli snack untuk diperjalanan. Kalau mau pooling uang disatu orang untuk pengeluaran disana, lakukan! Jangan nyicil kayak orang susah.

Susah senang bersama

Susah senang bersama

3. Buat itinerary

Tempat mana saja yang ingin dikunjungi dan transportasi menuju ke sana. Ini akan sangat menghemat waktu dibanding kita baru memikirkannya di tempat tujuan. Bila teman-teman ingin pergi ke tempat berbeda, tentukan saja meeting point. Dengan begitu semua bisa liburan sesuai keinginan hati.

4. Tidak ada kambing hitam

Jangan menyalahkan siapa pun bila tiba-tiba nyasar atau liburan tak sesuai harapan. Bawa lucu aja. Kalau nyasar kan ada GPS atau masyarakat sekitar. Amit-amit kalau ada yang kena sial seperti kecurian atau kecelakaan. Selama semua masih terkendali, lemesin aja. Sukses atau gagalnya liburan bergantung dari kekompakan Anda dan teman-teman.

Masih ada ruang pribadi

Masih ada ruang pribadi

5. Peduli

Peduli bukan berarti kepo. Meski jalan bersama, masih boleh lho ada ruang pribadi. Peduli disini artinya cek cek teman ada dimana, fit tidak, aman tidak. Teman saat traveling adalah saudara terdekat kita di tempat liburan. Sudah seharusnya kita saling menjaga hingga selamat sampai di rumah.

6. Pakai gadget dengan bijak

Liburan harus dinikmati, jangan sampai gadget malah membuang kesempatan kita untuk menikmati tempat wisata. Tiga puluh menit habis untuk menemukan selfie dan wefie terbaik, aih..buang-buang waktu. Masih aja mantengin grup yang isinya "copas dari grup sebelah"... oh come on! Nikmati waktu kamu bersama teman dan kenalan baru, daripada sibuk memprospek yang jauh disana.

Have a nice trip... :)

Have a nice trip... :)

travel jalanterus anakjalan tips wisata bali friendship jalanjalan backpacker