Liburan Asik, Yang Mudik dan Yang Di Rumah

Sudah mau long weekend lagi. Banyak juga yang mudik di Lebaran haji atau Idul Adha ini. Terus, gimana bagi yang gak kemana-mana? Kita simak tips berikut ini.

Liburan memang menyenangkan. Bagi yang mau mudik, sudah siap-siap belum? Nah, berikut ini tips liburan bagi yang jalan ke luar kota

Pastikan tujuan

Pastikan tujuan bidhuan.com

Sudah pastikan belum mau jalan kemana? Jangan pas menjelang hari H baru kepikiran..nanti gak bisa antisipasi dong. Bagi yang naik kendaraan umum jika sudah tau mau pergi kemana, tentunya bisa lebih cepet pesen tiket biar gak kehabisan. Jadi tentukan tujuan mau kemana, lalu...

Berangkat lebih awal

Berangkat lebih awal tempo.co

Gak mau bermacet-macet kan? Jadi,berangkatlah lebih awal. Pernah juga ngalamin pergi ke Bandung musim liburan berangkat gak pagi-pagi banget. Yang ada macet tujuh jam lebih di jalan.

Pastikan rumah aman

Sebelum pergi..pastikan pintu semua terkunci. Ga ada yang nyala, karena bisa aja kan kita lalai. Lapor ke pos satpam, informasikan kamu akan pergi beberapa hari.

Tapi jangan begini juga..lalu pastikan kalo punya binatang peliharaan, dititipin ke shelter.

Jangan sampe kucingnya ngomong kaya gini

Jangan sampe kucingnya ngomong kaya gini

Kasian kan liatnya..Tips berikutnya adalah..

Jaga kondisi selalu

Wajar sih pengen cepet sampe kampung halaman..tapi jangan sampe buru-buru lalu maksain. Kalo capek ya istirahat dulu. Makan dulu. Jangan ngantuk-ngantuk ngotot nyetir ya..

Bagi yang naik kendaraan umum, selalu waspada karena kejahatan bisa terjadi di mana saja.

Repot kalo kaya gini..

Repot kalo kaya gini..

Itu bagi yang mau mudik ke luar kota. Btw, terus gimana dong yang liburan gak kemana-mana? Tenang..masih bisa kok menikmati liburan di rumah. Berikut ini tipsnya

Jadi Panitia Kurban

Jadi Panitia Kurban

Libatkan diri dalam kegiatan pemotongan hewan kurban. Selain bisa berinteraksi dengan tetangga, kamu bisa berbagi dengan yang membutuhkan.

Coba resep baru

Coba resep baru liputan6.com

Seneng coba resep baru? It is the right time, guys. Coba deh cari resep-resep asik (bisa digoogling or Youtube), lalu beli bahan-bahannya terus coba deh.

Berhubung mau Idul Adha, nih ada resep-resep olahan kambing yang mudah dibuat. Tapi, tetep jangan berlebihan ya..ntar darah tinggi lho! hehe

Kumpul sama temen-temen atau kerabat

Kumpul sama temen-temen atau kerabat kamarmusik.net

Gak semua temen-temen atau saudara pada mudik kan? Bisa jadi mereka males keluar rumah. Kenapa kamu ga coba undang mereka? Coba aja bikin makanan atau kue beberapa macam, lalu undang mereka (syukur-syukur mereka juga bawa makanan hihi ngarep). Pastinya seru bisa kumpul rame-rame.

Beres-beres rumah

Beres-beres rumah womansday.com

Waktunya bergerak! Ga usah repot-repot. Coba aja beres-beres rumah. Barang-barang yang ga kepake kan masih banyak? Coba sisihkan, kasih orang yang membutuhkan. Yang berdebu, dilap. Beres kan?

O,ya yang satu ini tips bisa enjoy di tempat wisata bagi yang mudik ke kampung halaman atau ke tempat wisata lainnya.

Siapkan uang kecil

Siapkan uang kecil

Hal ini sepele tapi sering kelupaan. Siapin duit receh atau nominal  dua ribuan atau lima ribuan di dompet tersendiri. Tujuannya biar gampang kalo mau bayar parkir.

Pastikan hape selalu on

Pastikan hape selalu on wisegeek.com

Jangan sampe pas emergency terus low bat. Pastikan hape fully charged dan selalu bawa power bank. Tentu jangan lupa charge power banknya yaa

Jangan selfie sembarangan

Jangan selfie sembarangan bbc.com

Nah ini nih..emang seru sih berselfie ria di tempat-tempat keren. Tapiii..utamakan keselamatan. Jangan sampe mau gaya jadi celaka dan jangan sampe merusak lingkungan sekitar ya guys.

Awas Copet!

Awas Copet! feed.id

Lagi keasikan jalan-jalan, lupa deh nutup tas atau ga ngeh kalo tas dah disobek, kreettt. Nah, gak mau dong ini terjadi? Selalu waspada akan barang bawaan, tas jangan sampe lepas dan selalu kancing tas. Bisa aja kan terbuka tanpa sengaja eh tiba-tiba uda ilang deh dompet ama hape.

Semoga tips-tips ini bermanfaat ya guys. Happy holiday!

liburan mudik aman kampung halaman Idul Adha kurban