Level Menegangkan Malaysia - Korea Utara

Malaysia termasuk negara yang berani melawan Korea Utara demi melindungi warganya. Berawal dari kasus pembunuhan Kim Jong Nam (kakak tiri Kim Jong Un) di Malaysia, hubungan kedua negara menjadi memanas.

Setelah dihebohkan dengan isu pembunuh bayaran dengan modus reality show, kini kedua negara tersebut malah saling usir Dubes masing-masing. Setelah itu saling menyandra warga negara dan baru-baru ini heboh dengan munculnya video dari Kim Han Sol.

Saling usir Dubes dan usir warga negara

Saling usir Dubes dan usir warga negara Foto : tribunnews

Berawal dari pengusiran Duta Besar (Dubes) Korea Utara (Korut) Kang Chol setelah menuduh Malaysia berkomplot dengan kekuatan asing, terutama Korea Selatan (Korsel) soal pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un. Selang beberapa jam Korut membalas dengan mengusir Dubes Malaysia Mohamad Nizan Mohamad dari Pyongyang.

Korea Utara memutuskan untuk melarang warga negara Malaysia di Pyongyang meninggalkan negara tersebut. Hal ini sangat dikutuk keras oleh Datuk Seri Najib Tun Razak selaku Perdana Menteri Malaysia.

"Tindakan ini menjijikkan, menyandera warga kami itu sama saja menghiraukan semua hukum internasional dan norma-norma diplomatik."

"Kami ini Bangsa cinta damai, Malaysia berkomitmen untuk menjaga hubungan baik dengan semua negara."

"Namun, melindungi warga negara kita adalah prioritas saya. Dan kami tidak akan ragu untuk mengambil semua langkah yang diperlukan ketika mereka terancam," tegasnya dalam sebuah pernyataan hari Selasa (7/3/2017).

"Saya juga telah menginstruksikan Inspektur Polisi untuk mencegah semua warga Korea Utara di Malaysia untuk meninggalkan negara sampai kita yakin keselamatan dan keamanan semua warga Malaysia di Korea Utara."

"Harapan kami adalah untuk lahirnya sebuah resolusi yang cepat. Saya mengajak para pemimpin Korea Utara untuk segera memungkinkan warga negara kita untuk meninggalkan negara itu untuk menghindari eskalasi lebih lanjut,"katanya.

Video yang bikin geger

Video yang bikin geger Foto :youtube

Belum selesai dengan masalah lain, tiba-tiba muncul rekaman video pria yang mengaku sebagai anak dari Kim Jong Nam, yaitu Kim Han Sol dengan judul KHS Video.

Video ini diunggah oleh sebuah kelompok bernama Cheollima Civil Defense pada Selasa (7/3) waktu setempat. Kelompok yang menawarkan perlindungan bagi warga Korut itu, disebut menghubungi media Singapura, Channel News Asia, usai mengunggah video itu. 

Dengan adanya video ini banyak pihak yang berharap terungkapnya kasus pembunuhan tersebut, terutama Kepolisian Malaysia yang ingin segera menghubungi untuk meminta keterangan lebih lanjut sehingga konflik antara dua negara ini bisa segera berakhir.

KHS Video

Korea Utara Malaysia Kim Jong Nam