Kisah Unik Yesterday dan Tomorrow Island

Pulau dengan julukan Yesterday dan Tomorrow Island tersebut adalah Little Diomede Island dan Big Diomede Island. Dua pulau yang terpisah hanya 3 km namun memiliki perbedaan waktu 21 jam.

Dua pulau itu merupakan bagian dari Kepulauan Diomede yang berada di utara Bumi. Tepatnya di perbatasan antara Siberia di Rusia dan Alaska di AS, yang ada di tengah-tengah Selat Bering.

Kisah sedih dibalik keunikan Pulau Diomede

Kisah sedih dibalik keunikan Pulau Diomede Foto : mldspot

Dalam informasi yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Senin (13/2/2017) Yesterday dan Tomorrow Island pertama kali ditemukan pada penjelajah Rusia, Semyon Dezhnyov di tahun 1400-an. Namun faktanya, orang-orang Eskimo sudah menetap di sana dari 3000 tahun silam!

Seiring berjalan waktu, AS membeli Kepulauan Diomede dari Rusia di tahun 1648 saat memetakan negaranya. AS mendapat Little Diomede Island, sedangkan Rusia tetap memiliki Big Diomede Island. Jarak antara Little Diomede Island dan Big Diomede Island hanya terpisah lautan sepanjang 3 kilometer. Menariknya, karena dibatasi oleh International Date Line kedua pulau kecil tersebut memiliki perbedaan waktu 21 jam!

Menurut catatan BBC, 80 orang Eskimo yang merupakan pendudukan asli Diomede tinggal di Little Diomede Island dan sekitar 20 orang menetap di Big Diomede Island.

Selain unik ada kisah sedih diantara dua pulau ini. Sejak perang dingin AS dan Rusia, warga Diomede harus terpecah menjadi dua pulau yakni Little Diomede Island dan Big Diomede Island. Oleh karena itu saat urbaners hendak bertemu sanak saudara yang hanya berjarak 3 kilometer mereka harus menempuh izin yang berbelit-belit.

International Date Line adalah suatu garis khayal di permukaan bumi yang berfungsi untuk mengimbangi penambahan waktu ketika seseorang bepergian menuju arah timur melalui berbagai zona waktu. Maka artinya, waktu di Big Diomede Island di Rusia lebih cepat 21 jam dibanding Little Diomede Island di AS.

Pemimpin Eskimo di Little Diomede Island menuturkan, karena terpisah dengan generasi tua dari suku mereka yang kini berada di Big Diomede Island, budaya dan bahasa mereka pun kian punah berganti dengan dengan bahasa Inggris dan Rusia.

Yesterday and Tomorrow Island Pulau Besok dan Kemarin