Kembali Mengingat Kartini yang Menjadi Inspirasi Wanita Indonesia

Hari ini, 21 April membawa kita untuk mengingat kembali adanya sosok pahlawan wanita yaitu Ibu Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Hari ini diantara kamu ada yang sedang memakai kebaya ke kantor atau sekolah ? Memang banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dalam rangka Hari Kartini, di media sosial juga pasti bertebaran kegiatan yang diadakan kantor atau sekolah orang sekitar kamu kan ?

Ayo semangat untuk para wanita Indonesia!

Semua wanita berjuang seperti Kartini

Semua wanita berjuang seperti Kartini Foto: Wikimedia

Buat yang sudah lupa tentang latar belakang Ibu Kartini, astaga mau mengingatkan kembali nih.

Beliau merupakan salah satu sosok perempuan kelahiran Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Dikenal sebagai seorang tokoh Jawa dan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia untuk bisa disetarakan dengan laki-laki.

Di zaman modern seperti ini perjuangan wanita tidaklah sama seperti Ibu Kartini. Wanita Indonesia hanya tinggal melanjutkan perjuangan beliau dengan menjadi seorang Ibu yang bisa mendidik anaknya menjadi seorang yang berguna. Selain itu wanita-wanita masa kini juga menjadi pahlawan kartini dengan mengabdikan kebudayaan Indonesia.

Sejarah mencatat, R.A Kartini meninggal dunia setelah proses persalinan putra pertamanya, Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 17 September 1904. Saat proses persalinan Soesalit, R.A Kartini mengalami preeklampsia. Empat hari kemudian dia meninggal dunia.

Oleh karena itu pula kita harus menghormati dan berbakti kepada Ibu atas perjuangan saat melahirkan seorang anak ke dunia.

Kartini 21 April Ibu Kita Kartini Emansipasi Wanita