Hari Air Sedunia 2017 : Wastewater (Air Limbah)

Tahukah kamu, hari ini tepatnya 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Apa sih sejarahnya dan upaya apa yang harus kita lakukan untuk menghargai air hari demi hari ?

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus. Pada peringatan tahun 2017 ini temanya adalah Air Limbah. 

Mengapa Air Limbah sebagai Tema ?

Mengapa Air Limbah sebagai Tema ? Foto : pixabay

Mengapa air limbah sebagai tema ?

Tema ini berkaitan dalam hal mengurangi dan menggunakan kembali air buangan yang bersumber dari rumah tangga, industri dan atau kotapraja (perkantoran). 

Air buangan, mengutip The Herald, merupakan sumber daya penting dalam mencapai target Sustainable Development Goal 6. Selain itu 80 persen air mengalir begitu saja ke sungai, laut dan ke tempat yang lain tanpa melalui proses pengolahan. Hal tersebut berpotensi menjadi air limbah yang terlewatkan begitu saja. Padahal, diwaktu yang sama, ketersediaan air untuk air baku air minum masih sangat ternyata dan minim. Target ini bertujuan untuk menggunakan kembali air buangan, mendaur ulangnya sehingga aman digunakan. 

Jadi jangan boros-boros dengan penggunaan air ya, tutup keran rapat-rapat juga salah satu upaya dalam menghargai air loh..

Hari Air Sedunia Wastewater Air Limbah