Dimakzulkan, Park Geun Hye Tinggalkan Blue House

Setelah melalui banyak pergolakan sampai menimbulkan demo di Jantung Kota Seoul yang mirip konser musik, akhirnya warga Korea Selatan merasa senang atas dimakzulkannya Park Geun Hye.

Sudah sejak akhir tahun 2016 Korea Selatan dihebohkan dengan kasus korupsi yang melibatkan Presiden mereka. Presiden Park diketahui menuai kontroversi usai terseret kasus korupsi dan kolusi dengan sahabatnya Choi Soon Sil. Skandal ini menyebabkan krisis politik dan memicu demonstrasi yang menuntut Presiden Park diturunkan.

Resmi Tinggalkan Blue House

Resmi Tinggalkan Blue House Foto : soompi

Park Geun-Hye telah resmi dimakzulkan dari posisi Presiden Korea Selatan terkait skandal korupsi. Dua hari setelah dimakzulkan, sekitar pukul 10.00 KST Park meninggalkan Blue House yang merupakan kantor kepresidenan Korsel. 

Kalian yang belum mengerti istilah "dimakzulkan" berikut ada sedikit penjelasannya. Dimakzulkan adalah dakwaan terhadap seorang pejabat tinggi (seperti bupati, gubernur, dan pejabat lainnya, bahkan termasuk presiden) negara oleh badan legislatif (Kalo di indonesia ya DPR atau DPRD) karena suatu kasus yang melibatkan pejabat tersebut.

Setelah pemakzulan Park, Korea Selatan akan menggelar Pilpres paling lambat 9 Mei. Ketua Komisi Pemilu Nasional Korsel (NEC), Kim Yong-Deok mengatakan pemilu akan digelar secara bebas dan adil bagi seluruh rakyat Korsel.

"Pemilihan presiden tahun ini harus menjadi kesempatan untuk memulihkan persatuan dan integrasi nasional, terlepas dari konflik dan perbedaan yang ada," tegas Kim seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap.

"NEC memandang penting makna pemilu ini, yang akan digelar di bawah situasi genting, dengan berat hati dan akan memenuhi kewajiban konstitusional kita untuk menyelenggarakan pemilu yang tegas dan adil," imbuhnya. 

Warga Korea Selatan Raih Kemenangan

Warga Korea Selatan Raih Kemenangan Foto : REUTERS

Sementara itu dengan lengsernya Park Geun Hye, warga Korea Selatan tentunya sangat gembira. Mereka bersorak dan menari-nari dengan diiringi lagu di jalan-jalan. 

Korea Selatan Park Geun Hye