Chritian Sugiono, "Alien" yang Terberkati

Punya wajah bule, namun nama belakang Sugiono, aktor Christian Sugiono "sulit" diterima dibelahan dunia manapun.

Lahir dikeluarga multicultural adalah berkat dalam hidup aktor Christian Suginono. Ayahnya orang Jawa keturunan tionghoa, ibunya orang Jerman. Keluarga besar umumnya berbahasa mandarin, beragama Buddha, ayahnya seorang kristiani, keluarga "warna-warni" yang sangat hangat. Namun masalah muncul dari penampilannya.

"Saya merasa seperti Alien, di Indonesia saya dibilang bule tetapi nama jawa, di Jerman saya dibilang asia. Saya sempat mengalami krisis kepercayaan diri, saya enggak jelas." cerita suami dari aktris Titi Kamal ini.

Fimela.com

Beruntung kebingungan itu hanya sebentar. Tian melihat dirinya lebih jauh lagi dan betapa beruntung lahir dikeluarga yang multikultural dan sangat menanamkan nilai moral.

" Ketika saya dibesarkan dikeluarga multikultur, orang tua membiarkan saya memilih. Saya sendiri mengerti, yang dibilang moral, bahwa A itu enggak, saya sudah tahu berdasarkan pengalaman itu tidak." kata bintang film Jomblo ini.

Orang tua dan keragaman dalam keluarga besarnya mengajari Tian untuk menikmati perbedaan dan cinta akan toleransi. Dia percaya bahwa karakter seseorang dibentuk dari rumah, kemudian lingkungan, dan sekitar. Hal ini kelak yang menjadi pedoman dia dalam membesarkan putra semata wayangnya, Arjuna.

Rappler.com

"Moral harus diajarkan dari keluarga, lingkungan yang akan membentuk, orang itu terekspos media apa itu juga berpengaruh. Perbaikan moral itu mencakup segala hal,banyak segala lini, bukan hanya lingkungan rumah." terang pegiat teknologi dan media ini.

Dengan apa yang dia miliki sekarang, keluarga yang harmonis, karir yang mulus, anak yang tampan, tidak lantas membuat Tian lupa diri dan sombong. "Bekal" dari orang tuanya membuat Tian terus menggali tujuan sosial hidupnya.

Atas semua berkat yang melimpah dalam hidupnya, Tian ingin dirinya menjadi berkat bagi sesama. Mungkin melalui satu hal yang dia peduli, yaitu pendidikan.

christiansugiono worldcitizen aktor indonesia titikamal cowokganteng inspirasi