Benarkah Angelina Jolie Incar Posisi Penting di PBB ?

Aktris Angelina Jolie yang memang aktif berkarya di Perserikatan Bangsa Bangsa ( PBB ) disebut siap memboyong keluarganya ke London untuk menjadikan impian itu jadi nyata.

Meski sedang dalam proses bercerai dengan sang suami, Brad Pitt, ibu enam orang anak Angelina Jolie masih punya ambisi. Wanita yang menjabat sebagai Duta Luar Biasa UNHCR ( Badan PBB yang mengurus masalah pengungsi ) kabarnya mengincar posisi Sekertaris Jendral PBB. 

Namun tampaknya perjalanan Jolie masih panjang. Kemarin, Mantan Perdana Menteri Portugis Antonio Guterres resmi dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggantikan Ban Ki-moon. Pria berusia 67 tahun ini merupakan sekretaris jenderal PBB ke-9 sejak PBB didirikan. Pelantikan dilakukan oleh Ketua majelis PBB Peter Thomson. Guterres resmi bertugas mulai 1 Januari 2017 dan menjabat selama 5 tahun kedepan

Dalam pidato pelantikannya, Guterres mengutarakan tantangan kedepan menjaga dunia yang lebih damai dan kondusif.  "Organisasi ini merupakan batu penjuru multilateralisme, dan selama beberapa dekade telah berkontribusi relatif damai, namun tantangan sekarang melampaui kemampuan kita untuk meresponsnya. PBB harus siap berubah," kata Guterres, mengutip Channel News Asia. 

Dia menyoroti krisis berkepanjangan di Suriah dan juga kondisi politik di Amerika semenjak terpilihnya Donald Trump sebagai presiden. Mantan Ketua Badan PBB untuk pengungsi ini mengatakan, dia akan memperjuangkan hak-hak para imigran dan juga menunjuk lebih banyak perempuan di kursi strategis di PBB. Apakah Jolie bakal kebagian ?

Angelina Jolie dan Antonio Guterres

Angelina Jolie dan Antonio Guterres

angelina jolie UN PBB antonio guterres unhcr syria