Bekerja Sesuai Passion: Seberapa Penting?

Latar belakang pendidikan bisa jadi beda dengan pilihan pekerjaan. Tapi itulah kehidupan.

Pernah kaget saat denger teman yang lulusan perguruan tinggi terkemuka, gaji fantastis, bekerja di perusahaan besar namun memutuskan pindah haluan karena pekerjaan yang memberinya kemapanan tidak memberikan kenyamanan hati?

"Kerja di perusahaan minyak asing memang memberikan kemapanan. Tapi lama-lama jenuh. Saya suka bidang pendidikan dan yah gini deh akhirnya. Saya jadi guru TK,"ujar salah seorang kenalan yang sempat mengenyang pendidikan di luar negeri.

Seorang teman kerja memilih jadi dosen di bidang kehumasan, berbeda dengan keinginan sang ayah yang ingin dirinya kerja di perbankan. "Ayah memang maunya saya kerja di bank. Tapi saya justru gak merasa bahagia. Bukan passion saya bekerja di bidang perbankan. Akhirnya ayah saya mengerti pilihan saya,"ujarnya.

Ya, gaji besar, fasilitas melimpah terkadang ga bisa menjamin seseorang itu bahagia (walau materi tetap penting). Sering kita mendengar orang pindah kerja karena ingin bekerja sesuai minat atau passion mereka. Jika bekerja dengan passion, tentunya pekerjaan gak terasa berat lagi.

Apa sih passion?  Passion  adalah sesuatu yang kamu ga pernah bosan mengerjakannya. Sesuatu yang kamu minati. Bisa jadi yang kamu kerjakan masih jauh dari sempurna, tapi kamu dengan senang hati memperbaiki pekerjaanmu. Masalah untung rugi dah ga mikirin deh. Lah orang mengerjakan sesuatu yang kita suka kok.

Misal, kamu suka menulis. Masalah apply beberapa kali atau mengajukan naskah ke penerbit ditolak ratusan kali itu bukan masalah. Yang penting kamu terus berusaha mencapai apa yang kita mau. Banyak sekali penulis ternama yang harus ngalamin ratusan kali ditolak penerbit, gagal, sebelum akhirnya berhasil. Kenapa? Karena mereka terus berusaha dan melakukannya dengan senang hati.

Lalu, penting gak kita kerja based on our passion? Jawabannya: PENTING. Alasannya? Yuk simak.



"

Kepuasan Batin Melebihi Segalanya

Kepuasan Batin Melebihi Segalanya theherowithinu.com

Bukan berarti duit gak penting. Jelas penting. Tapi, jika kamu sudah mencapai sesuatu, walau masih skala kecil, tapi jelas puas banget kan?

Misal, kamu menyukai dunia penulisan dan tulisan kamu dimuat di media online. Walau bisa jadi itu bukan media besar, tapi ada kepuasan saat kamu bisa menghasilkan karya yang berkualitas.

Stress-free

Stress-free oucareers.wordpress.com

Karena kamu beranggapan kerja adalah menyalurkan hobi, itu membuat kamu tidak terlalu merasakan stress. Justru selalu bersemangat setiap harinya.

Selalu ada energi

Selalu ada energi careerbuilder.com

Bekerja sesuai passion membuat kita merasa bersemangat dan antusias melakukan hal tersebut. Kita terdorong untuk terus belajar dan belajar mencapai potensi terbaik kita.

Saat mencapai keberhasilan, semua terbayar

Saat mencapai keberhasilan, semua terbayar under30ceo.com

Banyak juga orang yang mencapai posisi puncak walau bekerja gak sesuai passion. Tapi jika kita bekerja sesuai minat kita, kepuasannya akan beda. Saat banyak orang meremehkanmu dan kamu bisa memutar balikkan semua, maka itu menjadi hal yang gak bisa dibayar dengan apapun juga.

Jujur pada diri sendiri

Jujur pada diri sendiri

Jadi wartawan gak bisa kaya? Jadi guru atau relawan kurang mentereng dibanding kerja di perusahaan tambang? Pasti sering deh denger stigma kaya gini. Padahal, rejeki siapa sih yang ngatur?

Jika memang minatmu di seni,kenapa harus lama-lama kerja jadi akuntan? Seorang kenalan memilih keluar dari sebuah bank untuk bekerja di sektor kuliner. Jujurlah pada diri sendiri. Karena itulah jati diri kamu. Bekerja dengan passion membuat kamu benar-benar be yourself.

Bisa gak kita menemukan passion? Susah gak ya? Sebenarnya kita sudah tau kok minat kita apa. Tapi terkadang semua tertutup karena gak enak sama omongan keluarga, tuntutan hidup dll.

Carilah passion kamu. Tekuni, Jalani. Jangan menyerah ketika gagal. Terus mencoba. Maka Tuhan akan membuka jalan.

karir pekerjaan kuliah