Barang Sekali Pakai Yang Mencemari Lingkungan

Barang sekali pakai memang praktis. Tapi tanpa disadari, efeknya bisa berbahaya bagi lingkungan. Berikut ini daftar barang sekali pakai yang bisa menyebabkan pencemaran sekaligua alternatifnya.

Barang-barang sekali pakai ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahu nggak bahwa these stuffs are harmful to the environment? Mau tau apa saja?Yuk, kita simak.

Baterai

Baterai captaindaves.com

Orang Amerika menggunakan baterai sekali pakai buat charging barang elektroniknya. Namun, dari nyaris 3 juta baterai tiap tahunnya, hanya 20 hingga 40 persen yang didaur ulang. Padahal, baterai yang dibuang ditanah itu bisa mengeluarkan bahan kimia berbahaya seperti timbal, merkuri yang dampaknya bisa mencemari air. Alternatifnya? Yaa beli aja batere yang rechargeable.

Gelas Foam dan Kertas

Gelas Foam dan Kertas kardwell.com

Sering dong lihat benda ini, di restoran cepat saji atau coffee shop?  Bayangin aja berapa orang minum tiap harinya dan berapa banyak sampah yang terbuang? Styrofoam berbahaya jika digunakan sebagai kemasan makanan karena bisa menyebabkan kanker, demikian menurut United States Environmental Protection Agency (US EPA).  Di beberapa coffee shop seperti Starbucks, kita bisa dapet diskon kalo menggunakan gelas yang bisa dipakai kembali. 

Tas Plastik dan kertas

Tas Plastik dan kertas semarangpos.com

Ini juga benda yang tiappp hari digunakan. Btw, yang lebih bahaya tas plastik atau kertas ya? Keduanya mempunyai dampak negatif bagi lingkungan. Kertas memang lebih mudah didaur ulang, namun prosesnya butuh banyak energi, air, dan bahan kimia. Sementara di AS sendiri, penggunaan tas plastik mencapai 100 juta tiap tahunnya!

Di Indonesia sendiri, keadaan juga meresahkan. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik kedua dunia setelah Tiongkok. Serem kan?

Solusinya? Bawa saja tas sendiri kalau belanja.  Atau beli tas ramah lingkungan di supermarket.

Pot Kopi

Pot Kopi takepart.com

Benda yang satu ini juga simple banget digunakan. Namun, sayangnya pot ini gak mungkin didaur ulang. Keurig Green Mountain, produser K-cup, membuat versi ramah lingkungan produk ini, yang bisa diisi ulang dengan kopi bubuk.

Handuk Kertas

Handuk Kertas simplehuman.com

Tisu seperti ini memang sering digunakan sebagai pengering tangan, atau lap buat bersihin debu kalo di rumah. Namun di AS sendiri, penggunaan handuk kertas seperti ini menghasilkan 3000 ton sampah tiap harinya. Sebagai alternatif, gunakan saja kain tak terpakai untuk membersihkan meja, kursi dari debu. Kan bisa dicuci lagi, pas kering bisa digunakan lagi.

Pisau Cukur

Pisau Cukur efdreams.com

Pisau cukur sekali pakai memang praktis, tapi ternyata tidak dampaknya bagi lingkungan. Diperkirakan orang AS menghasilkan 2 milyar sampah plastik sekali pakai ini, menurut US EPA. Alternatifnya, beli saja alat cukur elektrik atau alat cukur yang bisa diganti pisaunya.

Tekstil

Tekstil takepart.com

Wah, kalo gak pake baju terus pake apa? Eh, bukan gitu maksudnya. Sering banget kan kita buang baju yang udah ga layak pakai? Kenapa ga disumbangkan saja atau didaur ulang di pusat daur ulang?

Jelas kan? Yuk, sama-sama kita lestarikan bumi ini. Selalu ada alternatif untuk selamatkan lingkungan. Mulai dari diri sendiri dan dari hal simpel kok.

Baterai Starbucks foam plastik tas lingkungan pencemaran merkuri timbal