Sejarah Metro Mini di Ibu Kota

Pernah naik Metromini? Bus yang berukuran sedang ini dikenal dengan warna khas merah-oranye dan biru dengan garis putih ditengahnya, dahulu sempat jadi raja jalanan di ibu kota. Yuk, lihat sejarahnya ..

Pernah naik Metromini? Warga Jakarta pasti pernah naik moda transportasi murah meriah ini. Ya, Metromini, bus yang berukuran sedang sempat jadi raja jalanan di ibu kota ini dikenal dengan warna khas merah-oranye dan biru dengan garis putih ditengahnya. Panggilan bus ini juga menjadi nama perusahaan, PT Metromini, sebagai badan penyedia jasa angkutan kendaraan umum yang mengoperasikannya, dengan kekhususan Jakarta, Indonesia.

Memiliki kapasitas sekitar 20-30 tempat duduk. Metromini melayani 60 trayek-trayek dalam kota Jakarta yang setiap rutenya ditandai dengan suatu nomor khusus, misalnya Metromini 92, S69, dll. Awalan S, T, B, U, P di depan nomor menandakan wilayah layanan operasi: Jakarta Selatan, Timur, Barat, Utara, atau Pusat.

Namun saat ini keberadaanya terancam, 'terlindas' oleh roda persaingan angkutan, kewalahan bersaing dengan Transjakarta dan angkutan online. Metromini bahkan terancam tinggal kenangan seiring dengan terbitnya Perda nomor 5 tahun 2014 yang mengharuskan armada angkutan umum berusia lebih dari 10 tahun tak boleh lagi digunakan.

Bagaimana kisah selanjutnya, -- yuk simak, sejarah muasal Metromini di Jakarta ..

metromini jakarta