SDM Jadi Pertimbangan Utama Investor di Bidang Ekonomi Digital

Masalah perpajakan bukan menjadi satu-satunya faktor bagi investor dalam menentukan investasi mereka di suatu negara. Menurut Direktur The Economist Corporate Network (ECN) Robert Koepp, faktor pertama yang membuat investor memilih negara lain diluar ne

Masalah perpajakan bukan menjadi satu-satunya faktor bagi investor dalam menentukan investasi mereka di suatu negara.  Menurut Direktur The Economist Corporate  Network (ECN) Robert Koepp, faktor pertama yang membuat investor memilih negara lain diluar negaranya untuk berinvestasi, khususnya di ekonomi digital, ialah sumber daya manusia (SDM).

Ia menyebut, berdasarkan survei oleh Alphabeta, faktor SDM menyumbang sebanyak 91% dari tujuh faktor yang dipertimbangkan investor di bidang ekonomi digital. Faktor kedua sebesar 88% ialah iklim investasi, sedangkan faktor terbesar ketiga barulah perpajakan di negara tujuan investasi sebesar 83%. Faktor pertimbangan lainnya ialah hukum (79%), riset dan kolaborasi komersial (72%), dan permintaan pasar  dalam negeri (71%).

Meski masalah pajak bukanlah yang utama, masuk di Indonesia beberapa persoalan masih menjadi isu yang sangat penting yang dipertimbangkan investor . Beberapa isu tersebut ialah inkonsisten dan tidak bisa ditebaknya perlakuan otoritas pajak yang kompleks, dan perlakuan yang terlalu agresif oleh otoritas pajak. Isu tarif pajak korporasi tidak terlalu mengkhawatirkan para investor.

Pemimpin Segmen Pasar Pajak ASEAN Ben Koesmoeljana juga menilai tarif pajak untuk korporasi sebaiknya diturunkan. Pasalnya hal itu bisa menjadi daya tawar bagi Indonesia untuk bersaing di ASEAN dalam hal menarik investasi asing. Menurutnya, hal itu disebabkan tarif pajak di negara-negara ASEAN lebih rendah ketimbang Indonesia.(Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita investasi ekonomi bisnis