Ivanna Lie, Salah Satu Legenda Bulutangkis Indonesia

SIAPA yang tidak kenal Ivanna Lie, salah satu Srikandi Indonesia yang juga legenda pemain bulutangkis Indonesia era tahun 1980an yang telah menorehkan segudang prestasi di zamannya.

Ivana Lie merupakan pemain yang mampu turun di tiga nomor yaitu tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Dia pernah berpasangan dengan Verawaty Fajrin, Rosiana Tendean dan Christian Hadinata.

Ivana Lie merupakan anak kedelapan dari sembilan bersaudara pasangan Lie Tjung Sin dan Kiun Yun Moi. Legenda bulutangkis putri Indonesia kelahiran Bandung, 7 Maret 1960 ini, awalnya bermain bulutangkis mengikuti kakak-kakaknya.

Dalam perjalanan pendidikan sekolahnya, Ivanna tercatat pernah bersekolah di SMA 24 Jakarta pada tahun 1977-1978, namun saat kelas 2 SMA dia harus melanjutkan sekolah di SMA Ragunan karena harus mengikuti Pendidikan Dan Pelatihan [Diklat] dari PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). “Ivanna cuma sampai kelas 2 akhir, karena dia harus ikut diklat di Ragunan dari PBSI” cerita Agus Widji teman satu angkatan dengan Ivanna saat di SMA 24 Jakarta.

Setelah pensiun, Ivanna sempat membuka usaha garmen dengan merk Levana. Selain itu ia juga aktif menjadi pelatih bulu tangkis yang mengkhususkan diri melatih anak-anak, dengan olahraga hasil temuannya, badmini, olahraga bulu tangkis yang dimodifikasi untuk anak-anak. Karena dikenal sebagai perempuan yang aktif dan populer, Ivana juga pernah menjadi komentator pertandingan bulu tangkis.

Kini perjuangan Ivana berlanjut dengan diangkatnya dia sebagai staf khusus di Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga. Dalam kesibukan barunya tersebut, Ivanna melanjutkan konsistensinya untuk terus melakukan pembinaan di olahraga yang telah membesarkan namanya. [dr/81]

Ivana Lie Bulu Tangkis Indonesia Astaga.com SMA 24 Jakarta