Hikayat Asal-Usul Nama Negara Paling Unik

Nama negara biasanya tercipta melalui proses panjang dan lewat perjuangan berat.

Pernahkah terpikir oleh Anda kenapa sebuah negara dinamai dengan nama tertentu? Atau darimana sebenarnya negara-negara di dunia mendapatkan namanya seperti yang dikenal saat ini? Berikut deretan kisah tentang sejarah nama negara unik di dunia :

SPANYOL

SPANYOL

Sejarah nama yang salah

Alkisah diceritakan perjalanan sekelompok kaum bernama Phoenicia pada 3000 tahun lalu. Mereka berangkat dari suatu tempat dan akhirnya mendiami daerah di sebelah barat Mediterania. Tempat ini kemudian dinamakan “I-Shapen-im” yang artinya pulau para Hyrax. Hyrax merujuk pada jenis tikus purba. Ketika bangsa Romawi datang tempat ini diberi nama pula dengan Hispania dengan arti hampir sama. Berpuluh-puluh tahun kemudian diketahui jika Hyrax yang katanya adalah semacam tikus itu tak lain adalah kelinci. Jadi, bisa disimpulkan jika nama “I-Shapen-im” dan “Hispania” yang akhirnya menjadi Spanyol itu tak lain tercipta karena kesalahan observasi para leluhur yang diteruskan hingga kini.

AMERIKA SERIKAT

AMERIKA SERIKAT

Terinspirasi nama anak buah Columbus, Amerigo Vespucci

Amerika punya sejarah panjang. Menurut catatan sejarah, Amerika ditemukan oleh Christopher Columbus. Walaupun di era kekinian bukti Columbus jadi yang pertama menginjakkan kaki di Amerika makin terbantahkan. Faktanya bukan nama Columbus yang dipakai menamai benua yang ditemukannya. Justru anak buahnya bernama Amerigo Vespucci. Suatu ketika Amerigo menceritakan ekspedisinya bersama Columbus tersebut kepada dua orang Jerman yang berprofesi sebagai penulis peta. Mendapat informasi dari Amerigo tentang dunia baru, dua orang Jerman ini sepakat memberikan nama daerah tersebut dengan America yang asal katanya dari Amerigo.

CHINA

CHINA

Tanah di bawah surga

Negara terpadat di dunia ini memiliki banyak nama. Kata "China" berasal dari Dinasti Qin (dilafalkan "chin"), didirikan oleh Qin Shi Huangdi, Kaisar Pertama. Demikian juga, nama lain, "Cathay," (menginspirasi nama maskapai Cathay Pasific) berasal dari pelancong terkenal Marco Polo, yang menyebut China utara dengan nama seperti itu (dan China selatan sebagai "Mangi"). Nama lain untuk Tiongkok adalah "Zhongguo," dari kata-kata Zhong ("tengah") dan Guo (" negara"). Secara harfiah itu dapat diartikan sebagai "negara pusat," tetapi terjemahan yang lebih tepat adalah "Kerajaan Tengah." Selama berabad-abad, orang-orang Tiongkok percaya bahwa tanah adalah inti dari penciptaan di bawah langit. "Zhongguo" juga digunakan sebagai versi singkat dari "Republik Rakyat Tiongkok."

Nama Negara Unik Sejarah Negara ASTAGA.COM