Dorong Karyawan Ciptakan Ide Segar

Industri berbasis kreativitas seperti hiburan dan festival di Indonesia terus tumbuh, ditandai melonjaknya penjualan tiket acara hiburan. Berikut petikan wawancara dgn Chief Financial Officer LOKET Emi Surya Dewi.

INDUSTRI berbasis kreativitas seperti hiburan dan festival di Indonesia terus tumbuh, ditandai melonjaknya penjualan tiket acara hiburan.

Inovasi teknologi dan internetserta kaum milenial yang jumlahnya mencapai 90 juta jiwa menjadikatalisnya.Industri hiburan merupakan salah satu bisnis inti dari LOKET,perusahaan yang bergerak pada bidang event management dan ticketing diIndonesia.

Sebagai pemain baru, LOKET harussiap menghadapi persaingan dan tantangan di industri yang digandrungi milenialini. Untuk mengetahui lebih jauh strategi perusahaan yang pada 2017 lalu resmidiakuisisi GOJEK ini, KORAN SINDO mewawancarai Chief Financial Officer LOKETEmi Surya Dewi. Berikut petikan wawancaranya.

Apa tantangan dalam mengembangkanbisnis LOKET?

Kami dituntut untuk cepat dalammerespons dan menyediakan layanan terbaik bagi para event creator maupunaudiens sebagai konsumen akhir, karena industri ini bergerak sangat dinamisserta cepat mengingat potensinya yang tidak memiliki batas.

Apalagi industri hiburan diIndonesia sangat luas cakupannya, tidak terbatas pada event,konser, maupunfilm, tetapi juga bidang ekonomi kreatif lainnya, seperti industri MICE danatraksi theme park.

Lalu, bagaimana strategiperseroan dalam menghadapinya?

 Di LOKET, kami menjawab tantangan tersebut dengan terus mengembangkan inovasi teknologi. Apalagi saat ini danbeberapa tahun ke depan milenial yang jumlahnya (menurut Bappenas) mencapai 90juta jiwa akan mendominasi pasar industri hiburan.

LOKET sudah merangkum hal itu dan mengemasnya melalui inovasi-inovasi digital. Salah satunya melalui kemudahandalam pembayaran karena semua telah dilakukan secara online dan nontunai yangterpenuhi hanya dalam genggaman melalui smartphone dengan pilihan yang beragam,seperti GO-PAY, mobile banking, internet banking,dan bahkan Kiosk, salah satuteknologi LOKET.

Bagaimana dengan konsumen yangbelum terbiasa dengan pembayaran online ?

Untuk menjangkau konsumen yangbelum terbiasa menggunakan pembayaran secara online, kami bekerja sama denganAlfamart. Jadi, setelah konsumen melakukan pembelian tiket online di halamanwebsite maupun melalui aplikasi, tetap bisa melakukan pembayaran offlinemelalui Alfamart.

Apa kelebihan LOKET dibandingkankompetitor lain?

Kami memberikan solusi teknologievent management secara komprehensif dan end-to-end, baik kepada rekanan bisnis(B2B) maupun langsung kepada konsumen (B2C). Dengan inovasi yang terus kami lakukan,saat ini bisa dikatakan bahwa LOKET memiliki teknologi terlengkap dalammendukung penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah event.

Bagaimana perkembangan LOKET saat ini?

LOKET didirikan pada 2013 denganberfokus pada satu tujuan, yakni merevolusi industri hiburan melalui teknologidigital yang unggul demi memberikan pengalaman terbaik kepada event creatormaupun audiens. Pada 2017, LOKET diakuisisi GOJEK karena kesamaan misinya diindustri hiburan.

GOJEK percaya akan potensi LOKETdan industri ke depannya sehingga saat itu disepakati tidak ada perubahan, baikdari sisi manajemen maupun operasional. Bahkan, LOKET dipercaya manajemen GOJEKuntuk mengelola satusatunya bisnis hiburan GOJEK, yaitu GO-TIX.

Apa fokus kinerja perseroan tahunini?

Di LOKET, kami secara konsistenterus melakukan inovasi, baik dari segi produk maupun layanan. Tujuannya taklain adalah memberikan dampak positif lebih luas mengenai bagaimana melaluiteknologi event management yang kami sediakan bisa memberikan pengaruh positif.

Tak hanya bagi industri hiburan secara luas, namun juga untuk lingkungan sekitar, termasuk dari segi ekonomimaupun sosial bagi masyarakat. Tahun ini LOKET juga ingin menjangkau lebihbanyak event creator dari berbagai daerah dengan berbagai skala event didalamnya, terutama di daerahdaerah memiliki potensi dan peluang besar untukindustri hiburan, seperti Semarang, Malang, Palembang, Lampung, Medan, danMakassar, yang mana keenam kota ini juga menjadi sasaran roadshow pada tahunini setelah empat kota pada tahun sebelumnya, yakni Bandung, Yogyakarta,Surabaya, dan Denpasar.

Terobosan apa yang dilakukanuntuk menarik konsumen?

Melihat pasar yang didominasimilenial, sejak pertengahan tahun lalu, kami meluncurkan layanan Loket.com untuk mengajak komunitas dan individu kreatif meramaikan penyelenggaraan eventdi Indonesia.

Loket.com mengusung konsepself-service merupakan hasil inovasi LOKET yang ditujukan untuk membantu paraevent creator berskala menengah hingga individu dalam mengelola event merekasecara mandiri. Fitur Loket.com dirancang untuk memberikan pengalaman manajemenevent mandiri yang terbaik.

Seluruh proses, baik bagipengelola maupun pengunjung, dibuat secara sistematis dan online mulai daripendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung.

Bicara mengenai kepemimpinan,bagaimana konsep leadership yang Anda terapkan dalam memimpin?

Rasa nyaman ini yang dengan sendirinya akan membangun loyalitas dan ini adalah fondasi kuat bagiperusahaan. Jika sudah demikian, perusahaan akan tumbuh semakin kuat dan maju.

#dorongkaryawan #ciptakanidesegar