Bus Listrik untuk Udara Lebih Bersih

Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba tiga unit bus listrik sebelum resmi mengoperasikannya pada Agustus mendatang.

 Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba tiga unit bus listrik sebelum resmi mengoperasikannya pada Agustus mendatang.

 

Penggunaan bus listrik itu bertujuan untuk mengubah perilaku warga Jakarta dalam merawat lingkungan hidup.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kualitas udara di Jakarta saat ini sangat buruk dan harus ada perubahan perilaku yang drastis sebab perubahan iklim yang terjadi memiliki implikasi besar terhadap masa depan manusia.Artinya, kata dia, apabila ada perubahan perilaku drastis untuk merawat lingkungan saat ini maka kualitas udara, air, dan tanah yang baik bisadirasakan manfaatnya oleh generasi mendatang. Untuk itu, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta akan memulainya dengan melakukan konversi atas kendaraan angkutan umum massal menggunakan energi listrik yang bebas emisi.

 

“Kita mulai dari menggunakan bisTransjakarta. Alhamdulillah, keinginan dan gagasan itu digodok matang dan hariini memasuki babak baru. Ini adalah hari bersejarah bagi DKI Jakarta karena hari ini bus listrik secara operasional akan mulai ada di jalan-jalan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta kemarin. Anies menjelaskan, sedikitnya tiga unit bus listrik yang diujicobakan saat ini di kawasan Monas. Ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan menambah hingga 10 unit saat bus listrik operasi resmi awal Agustus mendatang. Selanjutnya, Pemprov DKI juga mempersiapkan proyeksi untuk semua armada bus Transjakarta menjadi bus listrik.

 

Saat uji coba, lanjut Anies, tiga unit bus listrik tersebut belum melayani rute Transjakarta seperti pada umumnya lantaran masih dalam proses izin administrasi. Namun, secara teknis dan keselamatan bus tersebut sudah siap. Anies pun mencoba bus listrik tersebut dan menilai bahwa tidak ada kebisingan dari bus ketika dioperasikan. “Secara administratif, itu seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK), sekarang masih dalam proses. Mudah-mudahan bulan Juni-Juli itu selesai, kemudian bisa beroperasi,”ungkapnya. ( Bebagai sumber)

#buslistrik #pemprodki