Beberapa Mitos di Bulan Puasa yang Harus Kamu tahu

MESKI zaman sudah modern, namun masih saja banyak orang yang percaya pada takhayul dan mitos, termasuk mitos pada puasa Ramadhan.

Biasanya, mitos ini adalah kepercayaan yang diturunkan orangtua ke anak-anaknya. Mitos puasa ini didasarkan pada asumsi dan ketakutan pada efek samping puasa pada kesehatan, atau terlalu takut batal puasa sehingga banyak larangan yang sebenarnya tidak perlu. Berikut beberapa mitos dalam berpuasa yang bisa menjadi perhatian kita ..

Mitos: Larangan Menyikat Gigi

Mitos: Larangan Menyikat Gigi

Menyikat gigi di siang hari nggak membatalkan puasa, Loh. Bahkan dalam hadist riwayat Imam Bukhori dan Muslim, Nabi Shalallahu’alaihi wassalam bersabda, “Jika tidak memberatkan umatku, niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak (menyikat gigi) setiap kali akan berwudu.”

Jadi, menyikat gigi diperbolehkan, kok. Asalkan kita nggak menelan air dan pasta gigi dengan sengaja untuk menghilangkan rasa haus. Kita kan juga diwajibkan menjaga kebersihan, baik berpuasa ataupun tidak.

Mitos: Buka dengan yang Dingin

Mitos: Buka dengan yang Dingin

Setelah tahan lapar dan haus, kita pasti kebayang-bayang berbuka dengan air dingin supaya segar dan nggak haus lagi. Faktanya tidak dianjurkan, loh, berbuka langsung dengan minuman dingin. Tubuh kamu belum beradaptasi dengan air dingin, setelah kurang lebih 12 jam tidak diisi air. Jadi, konsumsi air hangat dulu, ya, bro!

Puasa mitos puasa