10 Tempat Favorit buat Ngabuburit di Jakarta

ISTILAH ngabuburit seolah begitu lekat dengan momen bulan puasa, tak heran jika kegiatan yang satu ini menjadi salah satu agenda wajib yang biasa dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman di saat menunggu adzan Maghrib berkumandang.

Bagi warga Jakarta ada banyak pilihan tempat yang asyik dan seru untuk ngabuburit sehingga waktu menunggu buka puasa pun seolah tidak begitu terasa. Lalu di mana sajakah tempat favorit yang paling asik untuk kegiatan ngabuburit di Jakarta?

Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat

Tempat ngabuburit di jakarta yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu tempat ngabuburit yang spesial. Kita bisa menghabiskan waktu menunggu berbuka sembari memperdalam ilmu agama kita. Masjid Istiqlal merupakan tempat ibadah yang sangat terkenal, selain menjadi simbol agama lokasi ini juga menjadi salah satu pusat tempat wisata yang ada di Jakarta.

Setiap harinya pasti akan selalu ada para pengunjung atau para wisatawan yang menghabiskan waktu untuk sekedar duduk-duduk bersantai di dalam masjid. Namun tak jarang ada juga yang ingin mengagumi masjid dengan berkeliling. Masjid istiqlal adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk menikmati sunset terindah di Indonesia yang terletak di Kota jakarta.

Berkunjung ke lokasi ini kita bisa mendapatkan tiga keuntungan sekaligus, pertama kita bisa memperdalam ilmu agama kita, kedua kita bisa menemukan tempat ngabuburit yang sangat nyaman dan tenang, dan yang ketiga kita bisa menikmati keindahan sunset yang indah. Jika waktu berbuka tiba maka, kita bisa saja membeli beberapa makanan takjil yang dijual oleh pedagang di sekitar lokasi Masjid. Atau terkadang pihak masjid memberikan menu takjil secara gratis bagi mereka yang ada di lokasi Masjid saat waktu berbuka tiba.

Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Monumen Nasional, Jakarta Pusat

Monumen Nasional, alias Monas, sudah menjadi ikon tersendiri dari Jakarta. Belum ke Jakarta jika belum menyambangi Monas, begitu kata sebagian orang. Monas juga menjadi tempat ngabuburit di Jakarta yang cukup seru.

Selain bisa menikmati tugu Monas yang ikonik, kamu juga bisa melihat beragam hiburan murah meriah. Ada juga sejumlah kedai yang menawarkan barang-barang seperti pernak-pernik pakaian dan warung makanan.

Taman Barat Monas juga menjadi rujukan sejumlah orang untuk sekadar bersantai menunggu Adzan Maghrib. Letaknya yang cukup dekat dengan Masjid Istiqlal juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kota Tua, Jakarta Barat

Kota Tua, Jakarta Barat

Siapa yang tak mengenal objek wisata yang satu ini, lokasi yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi. Jika kita berada di Jakarta maka lokasi ini adalah salah satu lokasi yang wajib untuk kita datangi.

Begitu juga pada saat bulan puasa, lokasi yang satu ini tak boleh hilang dari daftar lokasi ngabuburit di jakarta. Ada banyak hal yang menyebabkan lokasi ini wajib kita kunjungi. Salah satu alasannya adalah karena lokasi ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk dijadikan lokasi ngabuburit. Lokasinya yang menarik dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap, serta banyaknya pedagang yang menyajikan membuat lokasi ini wajib di kunjungi. Yups, saat bulan puasa tiba maka disekitar lokasi ini akan dipenuhi oleh para penjual menu-menu takjil.

Berbagai menu dapat kita temukan mulai dari menu makanan ringan hingga menu-menu makanan yang berat. Sebagai salah satu spot foto di Jakarta maka tak mengeherankan jika kegiatan berfoto-foto ria adalah salah satu kegiatan yang paling favorit di Lokasi ini. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan moment-moment spesial mereka. Banyak juga yang menjadikan lokasi ini sebagai Tempat prewedding di Jakarta yang cukup terkenal.

Taman Menteng, Jakarta Pusat

Taman Menteng, Jakarta Pusat

Taman lain yang bisa menjadi alternatif untuk tempat ngabuburit di Jakarta adalah Taman Menteng. Destinasi ini menawarkan banyak wahana bermain yang asyik dan seru.

Di sini, kamu bisa menemukan lapangan futsal dan basket yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu. Si kecil juga bisa bermain ayunan atau jungkat-jungkit sembari menunggu berbuka. Pemandangan yang hijau dan sejuk di sore hari juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jika sudah tiba waktunya berbuka, kamu memiliki dua opsi untuk berburu makanan berbuka; menuju ke tenda pedagang makanan yang tersusun rapi di dekat taman, atau menuju Masjid Raya Al-Hakim di seberang taman untuk menikmati takjil gratis.

Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman urban selalu menarik untuk dikunjungi, khususnya taman-taman yang ada di Jakarta. Bagaimana tidak, selain tempatnya yang asyik, fasilitasnya juga memadai.

Yang diunggulkan dari taman ini adalah suasananya yang teduh. Pohon yang rindang, area yang bersih dan tropis menjadikan taman Suropati menjadi salah satu jujukan terfavorit masyarakat urban Jakarta.

Dengan nuansa yang asyik, tidak heran jika banyak warga menjadikan taman ini sebagai salah satu jujukan utama untuk menghabiskan waktu jelang Adzan Maghrib.

Pantai Ancol, Jakarta Utara

Pantai Ancol, Jakarta Utara

Siapa yang tidak tahu Pantai Ancol? Destinasi wisata favorit warga ini ternyata juga menjadi tempat ngabuburit di Jakarta yang asyik untuk dikunjungi.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati momen ngabuburit di Pantai Ancol, mulai dari menyaksikan sunset, merasakan semilir angin laut dan melihat gulungan ombak yang tenang.

Kamu juga tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan ringan untuk berbuka karena banyak gerai dan pedagang makanan yang menyediakan beragam santapan lezat, meskipun hampir semuanya adalah fast food. Tapi yang paling penting itu adalah pemandangan super indah yang ditawarkan menjelang tenggelamnya matahari!

Lari di GBK

Lari di GBK

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari jogging ringan sampai bersepeda sambil menunggu waktu berbuka. Jika kegiatan tersebut terlalu berat, kamu bisa sekadar bersantai sambil melihat sejumlah komunitas menunjukkan aksi kreatif mereka, di antaranya para skater yang bermain dengan papan luncurnya.

Kedamaian dan keasrian lingkungan di Stadion Utama Gelora Bung Karno [GBK]  juga menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi ini. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan artis idola di parkiran SUGBK ini, lho!

Taman Ayodya, Jakarta Selatan

Taman Ayodya, Jakarta Selatan

Danau, air mancur dan wifi gratis. Itulah beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan bila ngabuburit di Taman Ayodya.

Danau kecil di tengah taman menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Hijaunya tumbuhan di sekeliling taman dan megahnya air mancur di tengah danau ikut menyemarakkan suasana. Tempat ngabuburit di Jakarta yang satu ini menjadi salah satu spot yang sangat sering dikunjungi warga.

Lebih serunya lagi, selain terdapat sejumlah spot yang Instagenik, Taman Ayodya juga menyediakan fasilitas WiFi gratis yang pas untuk menemani kamu sembari menunggu bedug Maghrib.

Pusat Jajanan Pasar Benhil, Jakarta Pusat

Pusat Jajanan Pasar Benhil, Jakarta Pusat

Dikenal sebagai surga takjil, makanan apa saja bisa kamu temukan di Pasar Benhil. Dijamin, tempat ngabuburit di Jakarta yang satu ini akan membuatmu ngiler.

Yang tertarik dengan minuman segar untuk berbuka, kamu bisa memilih beragam menu, mulai dari es kelapa muda, kolak biji salak hingga es pisang ijo. Sementara itu, menu makanannya juga tidak kalah variatif lho. Dari yang ringan seperti klepon hingga yang berat seperti ayam bakar bumbu rendang, pun bisa kamu temukan di sini.

Yang lebih menyenangkan lagi, hampir semua makanan dan minuman yang ditawarkan memiliki harga yang relatif terjangkau. Pasar Benhil juga buka sejak pukul 11.00 siang dan tutup sesaat setelah Adzan Maghrib.

Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat

Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat

Bagi Anda yang ingin ngabuburit dengan cara yang seru dan menyenangkan bisa mencoba dengan memancing di Taman Situ Lembang yang terletak di Jakarta Pusat ini.

Ada banyak ikan yang bisa dipancing di danau ini dan yang paling menarik untuk kegiatan memancing tersebut Anda tidak dipungut biaya alias gratis, asik kan?

Tapi jika Anda bukanlah penghobi mancing maka bisa menikmati suasana taman sambil ngobrol santai bersama teman atau keluarga tercinta sembari menunggu saat berbuka puasa tiba.

Beberapa tempat referensi yang tak kalah menarik juga adalah diantaranya sebagai berikut: PRJ Kemayoran, TIM, Bulungan Jaksel, Taman Kota Cijantung JakSel, Jalan Panjang Kebon Jeruk, Jalan Soka Jakut, Pasar Rawamangun, Jalan-Jalan Sabang, Museum Fatahillah, Museum Nasional [Museum gajah], masjid Sunda Kelapa, masjid Cut Meutia, Taman Mangrove Angke Kapuk Jakut, Taman Langsat Mayestik, Tribeca Park, Tepi Kanal Banjir Timur, Epicentrum Kuningan, TMII, Ragunan, dan masih banyak lagi ..

Sumber referensi:
Tempatwisataunik.com, tripzilla.id, shopback.co.id, wisatatempat.com, tempatwisatamu.com

Ngabuburit Jakarta