Liburan di Rumah Aja? 10 Hal ini akan Membuat Liburan di Rumah Semakin Seru!

Siapa yang tak suka liburan? Rasanya nyaris tak ada seorangpun yang membenci liburan. Bahkan liburan merupakan saat yang sangat dinantikan oleh pelajar dan para pekerja.

Siapa yang tak suka liburan? Rasanya nyaris tak ada seorangpun yang membenci liburan. Bahkan liburan merupakan saat yang sangat dinantikan oleh pelajar dan para pekerja. Bagaimana tidak? Dengan berlibur, kita bisa santai sejenak dari rutinitas yang membosankan dan melelahkan.

Bahkan bagi sebagian orang yang memiliki dana lebih, mereka akan memilih pergi berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Tak peduli seberapa banyak mereka menghabiskan uang, yang penting mereka dapat menikmati liburan yang menyenangkan.

Lalu bagaimana jika kondisi keuangan pas-pasan? Jangankan untuk pergi ke luar negeri, liburan ke tempat wisata dekat rumah pun rasanya perlu pertimbangan.

Nah, bagi Anda yang tak bisa liburan jauh, jangan berkecil hati ya. Liburan di rumah pun bisa ko menjadi moment yang menyenangkan dengan melakukan berbagai aktivitas yang seru. So, moms, berikut 10 ide kegiatan yang seru dan menyenangkan di rumah yang bisa momies lakukan bersama si buah hati!

1. Memasak bersama anak

Memasak adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Rasanya cukup seru jika berkreasi dengan bahan makanan dan menciptakan sesuatu rasa atau makanan baru. Meski mungkin Anda tak sepandai seorang chef dalam mengolah masakan, tak perlu ragu untuk belajar dan mencoba resep baru.

Tak ada salahnya mencoba resep baru yang Anda dapatkan di media online. Ajak anak untuk ikut meracik dan mengolah bahan masakan. Kemudian minta anak untuk mencicipi, apakah rasanya sudah sesuai atau belum. Hmm...suasana pasti  jadi seru dan rame bukan?

2. Membaca buku cerita

Buku adalah jendela dunia. Lewat buku anak bisa belajar banyak hal sekaligus  berimajinasi. Ajak anak ke toko buku dan memilih buku cerita yang dia suka. Daripada sibuk bermain gadget di rumah, mintalah anak untuk membaca buku cerita kesukaannya. Setelah anak selesai membaca, coba minta dia menceritakan kembali isi buku cerita tersebut. Dengan demikian selain menambah wawasan anak, hal ini bisa melatih daya ingatnya. Seru dan bermanfaat kan moms?

3. Bersepeda keliling komplek

Bersepeda adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa mengusir kebosanan dengan melihat-lihat pemandangan sekitar perumahan. So, selama liburan, ajak anak bersepeda setiap pagi atau sore. Masing-masing satu sepeda ya moms. Dan mintalah buah hati bersepeda di depan sebagai penunjuk jalan. Sehat dan menyenangkan bukan?

4. Bermain game

Bermain game khususnya game online, tidak selalu identik dengan hal yang negatif selama disikapi dengan bijaksana. Orangtualah yang paling bijak untuk mengatur waktu anak supaya tidak kecanduan. Pilihlah game online yang bernilai edukasi ya moms. Jangan lupa dampingi anak saat bermain game online dan batasi waktunya.

5. Mendongeng

Di era digital belakangan ini rasanya sudah semakin jarang orangtua yang mendongeng untuk anaknya. Nah mulai sekarang, coba bangkitkan lagi kebiasaan mendongeng untuk anak. Ceritanya bisa di ambil dari buku cerita, bisa juga menggunakan imajinasi sendiri, dengan tokoh yang kita buat sendiri. Disini momi bisa menyelipkan pesan-pesan moral untuk anak. So, saat liburan coba mendongeng ya moms!

6. Menulis diary atau cerita

Bagi sebagian anak, ada yang merasa kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya. Mereka sulit mengungkapkan saat merasa sedih atau marah. Nah untuk anak- anak yang tidak ekspresif, coba minta dia untuk menuliskan apa yang dirasakannya di buku diari. Kebiasaan menulis di buku diari akan bermanfaat bagi penambahan kosa katanya, merangsang kreativitas dan daya imajinasinya. So saat liburan di rumah, beri kesempatan pada si kecil untuk lebih banyak menumpahkan pikirannya ke dalam tulisan. Jika dia bersedia, mintalah dia untuk membacakannya. Kemudian berikan pendapat yang positif untuk menambah semangatnya.

7. Menggambar dan mewarnai

Menggambar dan mewarnai adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Saat liburan tentu mereka punya banyak waktu luang untuk melakukannya. So, berikan buah hati alat menggambar dan mewarnai. Anak boleh mewarnai dengan alat pewarna yang dia suka. Misalnya pensil warna, crayon, atau cat air. Biarkan anak-anak berkreasi menggambar apapun yang dia inginkan dan mewarnainya sesuai kreativitas dan imajinasinya.

8. Berkebun

Berkebun merupakan hal yang sangat seru yang bisa Anda dan si kecil lakukan. Ajaklah anak untuk lebih  mencintai lingkungan dengan menanam pohon di halaman rumah. Jika tidak memiliki halaman. Cukup ditanam di dalam pot saja. Memperhatikan tanaman tumbuh tiap hari adalah hal yang menakjubkan. Ajarkan anak cara merawat tanaman dengan menyiramnya setiap hari dan membersihkan rumput-rumput liar yang mengganggu. Meskipun mungkin akan berkotor-kotor tapi seru kan moms?

9. Karaoke bersama

Tak perlu pergi ke tempat karaoke di Mal. Cukup nyalakan televisi, putar musik karaoke kemudian bernyanyilah bersama. Tak peduli suara kalian sumbang atau sember, yang penting bernyanyi dan hepi. Jika lagu karaoke nge beat, jangan ragu untuk bergoyang bersama anak. Seru-seruan dan lucu-lucuan bisa menambah suasana rumah meriah dan penuh gelak tawa. Dan pastinya menyenangkan!

10. Mendekor ulang kamar anak

Ajak anak untuk merubah tampilan kamarnya supaya lebih menarik. Geser posisi barang untuk mendapatkan suasana baru. Ganti gorden kamar sesuai keinginan si kecil. Mintalah dia melakukannya sendiri agar dia bisa bereksplorasi di kamarnya. Jika dia ingin cat dinding kamar berumah, coba mengecat dinding kamar bersama. Wow..seru banget ya moms!

Nah moms, banyak kan hal seru yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah saat liburan? Toh intinya bukan kemana kita pergi berlibur tapi aktivitas apa dan bersama siapa kita mengisi liburan. Yang penting apa yang dilakukan adalah hal yang bermanfaat. Sehingga anak tidak menghabiskan liburan dengan tidur atau menonton televisi seharian. Dan yang lebih penting lagi adalah seru plus hepi..! [Tri]

astaga liburan 10 tips anak keluarga seru rumah mom & kids