Ini Dia 10 Tips Ampuh Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan!

Melahirkan dan memiliki anak adalah moment yang sangat amat membahagiakan wanita di dunia ini.

freepik

Wanita merasa lebih sempurna ketika buah hati yang telah lahir berada dalam pelukan. Rasanya segala kesakitan saat proses melahirkan, lenyap seketika, berganti dengan rasa bahagia dan bangga.

Tapi moms, kebahagiaan itu 'sedikit' terusik ketika menyadari berat badan sulit diajak kompromi pasca melahirkan. Perut yang masih nampak buncit dirasa mengganggu penampilan.

Tetapi jangan khawatir moms, perut rata seperti sebelum hamil bisa ko didapatkan kembali. Berikut ini adalah 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut pasca melahirkan, baik normal atau cesar:

1. Menyusui

Tahukah moms, menyusui akan membantu menurunkan berat badan secara alami loh! Menyusui secara eksklusif selama 6 bulan dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus membuang lemak yang ada di perut, sehingga perut  perlahan akan rata seperti sebelum hamil. 

2. Makan sedikit demi sedikit tapi sering

Perubahan hormon akan terjadi setelah wanita melahirkan. Seorang ibu yang baru melahirkan membutuhkan lebih banyak energi dalam 6 bulan pertama, karena mereka harus sering menyusui bayinya. Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi susu, jadi tidak perlu mengurangi asupan kalori secara drastis.

Jangan pernah tidak makan pada waktunya atau menahan lapar hanya untuk mengecilkan perut, karena proses metabolisme tubuh akan melambat jika tak makan. Lebih baik makan sedikit-sedikit namun sering ( 3-4 kali sehari), dari pada hanya makan 2 kali sehari tapi dalam jumlah yang besar. Hal ini akan melancarkan metabolisme, sehingga lebih banyak lemak dan kalori yang dibakar.

3. Hindari tidur setelah makan

Tak baik makan lalu tidur. Bagi ibu setelah melahirkan, cara ini justru membuat perut tambah buncit. Selain itu, tidur setelah makan membuat makanan yang telah dikonsumsi tidak bisa langsung diproses oleh pencernaan dan diserap tubuh. Efeknya justru terjadi penumpukan lemak dan kalori.

4. Gunakan korset

Memakai korset adalah cara tradisional tapi efekif untuk mengencangkan otot-otot perut. karena dengan memakai korset perut akan mengecil dan mendorong rahim kembali ke ukuran semula pasca melahirkan.

Memakai korset juga membantu  mengurangi rasa nyeri pada pinggang serta mengembalikan postur tubuh yang mungkin mengalami pergeseran akibat hamil dan melahirkan.

5. Mulailah untuk beryoga

Yoga adalah salah satu olahraga ringan, yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan buah hati Anda. Yoga bisa dilakukan di rumah saat bayi tertidur. Pelajari teknik gerakan yoga dari buku atau internet. Gerakan yoga, diyakini dapat membantu membuat perut rata kembali pasca melahirkan. 

6. Latihan Kegel

Latihan kegel pada dasarnya adalah latihan untuk mengencangkan otot-otot vagina. Tapi kegel juga membantu menurunkan lemak perut pasca melahirkan. Jika tak sempat ke sanggar senam, Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti gerakan dari compact disc atau media online. 

7. Minum banyak air putih

Dengan meminum banyak air putih, dapat membantu  menurunkan lemak perut pasca melahirkan. Air putih  dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Air putih juga dapat mendorong kelebihan lemak untuk kemudian dibuang melalui proses metabolisme. 

8. Minum teh hijau

Mengonsumsi teh hijau adalah pilihan yang baik untuk mengurangi lemak pada perut. Karena menurut penelitian teh hijau sangat baik untuk membantu pembakaran lemak. Tapi yang terpenting dari konsumsi teh hijau adalah kandungan antioksidannya yang melindungi dari efek radikal bebas.

Peran lain dari teh hijau adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga bagus untuk proses penurunan berat badan. Mengonsumsi teh hijau setelah olahraga akan memberikan efek yang lebih baik dalam proses menurunkan berat badan. 

9. Diet seimbang

Diet seimbang adalah diet sehat yang menyertakan vitamin dan mineral dalam konsumsi makanan harian Anda. Ini sangat penting untuk mengurangi lemak perut. So, ganti semua makanan cepat saji dengan makanan yang kaya gizi., seperti buah-buahan, sayuran, daging sapi tanpa lemak, ayam , kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Batasi asupan natrium (dari garam) karena menyebabkan perut kembung dan pembengkakan.

10. Berjalan kaki

Jika belum kuat  berolahraga,  Anda dapat menggantinya dengan berjalan kaki santai di pagi hari. Mulailah dengan laju lambat, sedang kemudian cepat. Jika dilakukan rutin setiap pagi, cukup efektif mengurangi lemak di perut. Tubuh pun akan lebih bugar. Jika merasa sudah cukup kuat, Anda bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti aerobic, berenang atau bersepeda.

Ingat ya moms, apapun metode atau cara yang Anda lakukan, satu kunci yang pasti agar bisa berhasil adalah lakukan dengan teratur dan rutin setiap hari sampai menampakkan hasil yang diinginkan.

Tapi moms, ada satu hal yang lebih penting, yaitu kesehatan bayi Anda. Jangan sampai karena terlalu fokus dengan program mengecilkan perut, Anda sampai mengabaikan si kecil.  Yang penting Anda dan baby, juga pasangan sehat dan bahagia. Namun usaha untuk langsing usai melahirkan tetap merupakan hal positif yang perlu diapresiasi. Selamat mencoba! [Tri]

astaga 10 tips melahirkan mom and kids ibu dan anak ibu balita