10 Tips Sukses Single Moms

Siapapun tentu ingin memiliki keluarga yang utuh dan bahagia. Keluarga yang terdiri ayah ibu dan anak-anak tentu akan melengkapi kebahagiaan setiap rumah tangga.

freepik.com

Namun terkadang harapan tak selalu sesuai dengan kenyataan. Karena suatu hal, entah karena bercerai atau suaminya meninggal dunia, seorang Ibu harus menjadi sosok orangtua tunggal.

Sendirian dalam mengurus, membesarkan, serta mendidik anak jelas bukan hal yang sederhana. Dibutuhkan kesabaran, perjuangan, dan doa yang tiada terputus untuk menggapai kebahagiaan.

Tapi moms, meski bukan hal mudah, bukan berarti tak bisa dijalani ya. Selalu ada solusi untuk setiap masalah. Nah agar Ibu dapat berperan sebagai single parent yang sukses plus tangguh, yuk simak tip berikut ini!

1. Fokus pada Anak-anak

Awalnya memang terasa sulit menjalani hidup sebagai orangtua tunggal. Namun, kita harus ingat bahwa anak-anak merupakan prioritas utama. Jika kita terus-menerus dibayangi ketakutan atau trauma atas perceraian atau kematian pasangan, maka hal ini pun akan membayangi anak-anak kita. Ingatlah bahwa anak-anak akan merefleksikan apa yang mereka lihat di diri orangtua mereka. Ketika mereka melihat orangtua mereka tidak bahagia, mereka pun akan terus diliputi kemurungan. Sebaliknya, jika mereka melihat orangtua mereka kuat, penuh semangat dan bahagia, maka mereka pun akan tumbuh menjadi anak-anak yang ceria.

2. Pilih pekerjaan tepat

Orangtua tunggal dituntut sebagai tulang punggung keluarga maka sebaiknya pilih pekerjaan dengan waktu yang lebih fleksibel.
Belajar investasi jangka panjang, dan daftarkan diri Ibu dan anak dalam asuransi yang dapat menjamin kesehatan dan pendidikan anak di masa depan

3. Tunjukkan cinta dan perhatian

Jangan ragu untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatian  pada anak-anak. Mereka perlu tahu bahwa mereka penting bagi ibunya. Hujani mereka dengan ciuman dan pelukan hangat, serta sering-seringlah berucap, ‘Ibu sayang kalian'. Meski terkesan sederhana, hal ini bisa menambah semangat dan rasa percaya diri anak loh.

4. Miliki me time

Cari waktu untuk diri sendiri agar tidak merasa lelah dan stres sebab menjadi orangtua tunggal menuntut Ibu lebih fokus  mengurus segala sesuatunya sendiri. Cobalah untuk menitipkan anak kepada nenek kakek atau kerabat agar Ibu punya waktu memanjakan diri sendiri. Hal ini penting agar ibu merasa lebih fresh dan berenergi.

5.Jangan terlalu ambisius

Meskipun peran sebagai Ibu tunggal memang berat, namun jalani semua ini dengan santai. Nikmati setiap moment yang dilalui. Tidak perlu berpikir untuk menjadi ibu super. Ingat loh moms, single mom itu juga manusia biasa yang punya keterbatasan. Maka jalani saja sesuai dengan kemampuan. 

6. Membuat rutinitas harian

Cobalah untuk membuat jadwal teratur sehari-hari, baik untuk kegiatan anak maupun kegiatan Ibu. Rutinitas yang konsisten membantu anak agar merasa nyaman dan membuat Ibu lebih teratur juga disiplin.

7. Perkenalkan anak dengan sosok pria

Jika suami meninggal atau mantan suami tinggal di kota lain, dekatkan anak dengan sosok pria lain seperti kakeknya atau pamannya. Sesekali minta mereka mengajak anak bermain agar anak mengenal sosok ayah yang jarang ia temui. Jika mungkin Anda tengah menjalin kedekatan dengan pria lain, perkenalkan pada anak-anak sejak awal. Dan biarkan mereka dekat secara alami.

8. Jangan malu menerima bantuan

Kadang rasa gengsi mengalahkan realitas. Rasa gengsi dan harga diri yang tinggi membuat Anda malu menerima bantuan orang lain meskipun Anda sangat membutuhkan. Ingat moms, sebagai manusia biasa tak ada salahnya menerima bantuan orang lain. Siapa tahu bantuan itu akan membuka jalan untuk menghadapi kehidupan yang lebih baik. Yang penting jangan pernah memaksa ketika meminta bantuan dan jangan sampai terkesan mengemis. 

9. Dukung impian anak-anak

Dukunglah mimpi dan cita-cita anak-anak,  setinggi apapun  impian mereka. Berusahalah sekuat tenaga agar impian mereka terwujud. Mereka harus tahu bahwa Anda selalu ada untuk mereka. Teruslah mendampingi anak-anak sampai mereka berhasil.

10. Menjadi contoh positif

Ingat ya moms, orangtua adalah contoh nyata bagi anak-anaknya. Usahakan untuk bisa selalu menjadi contoh positif bagi anak-anak. Jauhi hal-hal yang dapat membawa pengaruh buruk bagi mereka, seperti minuman keras, rokok, atau hal berbau kriminal. Terapkan nilai-nilai agama, disiplin, etika dan tata krama dalam diri mereka sehingga mereka pun mampu berperilaku baik, di dalam maupun di luar rumah.

Jangan lupa untuk selalu bersabar, berdoa dan berusaha ya moms! Karena  hal itu adalah kunci dari semua masalah kehidupan. Dan tak ada hal yang mustahil di dunia ini. Keep spirit..! [Tri]

astaga mom & kids 10 tips single moms