10 Tips Menghentikan Kebiasaan Balita Minum Susu dari Botol Dot

Menghentikan atau merubah suatu kebiasaan memang bukanlah hal mudah. Apalagi jika menyangkut kebiasaan anak. Anak perlu dilatih beradaptasi dengan kebiasaan baru. Begitu juga halnya dengan kebiasaannya minum susu dari botol dot.

Nah moms, apakah balita Anda masih 'ngedot' dengan botol susunya? Segera hentikan kebiasaan itu ya moms. Karena jika dibiarkan, minum susu dari botol dot akan menjadi kebiasaan yang addiktif, yang begitu sulit dihentikan. Bahkan bisa berlangsung hingga ia usia sekolah. Hal ini tentu tidak baik untuk tumbuh kembangnya.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan sebaiknya minum susu dengan dot mulai dihentikan ketika anak berusia 1 tahun, hingga berhenti sama sekali ketika anak berusia 18 bulan atau 1,5 tahun. Lakukanlah secara bertahap untuk membantunya menyesuaikan diri minum susu dari gelas atau cangkir. 10 tips ini mungkin bisa membantu moms;

1. Gunakan cangkir bayi

Gunakan cangkir bayi yang memiliki corong yang bisa dimasukkan ke mulut. Cangkir ini sering disebut juga cangkir seruput (sippy cup) karena digunakan bayi untuk belajar menyeruput minuman tanpa tumpah. Cangkir bercorong ini membuat anak minum dengan cara yang agak mirip dengan ngedot tetapi memiliki pegangan seperti cangkir. Cangkir ini banyak direkomendasikan digunakan saat transisi cara minum dari botol ke cangkir.

2. Siapkan cangkir minum saat makan

Menyiapkan secangkir air saat makan membuat si kecil lebih siap ketika ia harus diminta minum dengan menggunakan cangkir. Hal ini juga memberikan kesan bahwa ia hanya boleh minum  dari cangkir saat makan.

3. Lalukan secara bertahap

Kurangi jatah minum dari botol dot. Mula-mula bayi diberikan minum dari cangkir hanya pada saat makan, saat menjelang tidur siang atau tidur malam masih diberikan botol susu. Lalu biasakan sebelum tidur untuk memberikan secangkir susu agar si kecil tidak kehausan sebelum tidur. Lalu jangan pernah memberikan botol susu sebelum tidur, berilah si kecil pegangan lain berupa mainan yang ia sukai.

4. Tawarkan minuman lain dengan cangkir

Menawarkan minuman lain dalam cangkir mengenalkan kepada si kecil cara minum menggunakan cangkir. Bayi di atas satu tahun sudah dapat dikenalkan dengan minuman lain seperti air putih, teh atau jus buah.

5. Buatlah kesan minum dengan cangkir lebih nikmat

Encerkan susu dalam botol dot sedikit demi sedikit. Buatlah susu semakin encer di dalam botol. Jika balita minum dari cangkir buatlah susu seperti biasa. Ini akan mengesankan bahwa minum dari cangkir lebih nikmat dan menyegarkan.

6. Jauhkan botol susu dari pandangan si kecil

Meskipun tidak haus, si kecil tetap merasa nyaman jika bersama botolnya. Menjauhkan botol susu dari pandangan si kecil membantunya untuk mulai melupakan botol kesayangannya.

7. Alihkan perhatian si kecil dari botol dengan secangkir minuman

Jika si kecil menanyakan atau meminta botolnya. Tawarkan minuman lain yang ia sukai dengan menggunakan cangkir. Mungkin minuman manis lain seperti teh manis atau jus buah akan membuatnya tertarik.

8. Berilah contoh minum dengan cangkir

Anak-anak mempunyai kebanggaan jika bisa meniru kelakuan orang dewasa. Cobalah mengajak anak minum bersama-sama sekeluarga. Dan mintalah anak meniru cara minum orang dewasa dengan menggunakan cangkir atau gelas.

9. Biarkan si kecil memilih cangkir yang ia suka

Ajaklah si kecil membeli cangkir yang ia sukai. Mengetahui bentuk dan gambar yang disukai si kecil sangat membantu si kecil menyukai cangkirnya sendiri sebagai ganti botol kesayangannya.

10. Berikan penghargaan dan pujian

Berikan penghargaan dan pujian jika saat si kecil minum dari cangkir. Kalau perlu berikan tepuk tangan dan ciuman hangat saat si kecil minum menggunakan cangkir. Hal ini memberikan kesan bahwa minum dengan cangkir adalah adalah keterampilan yang membanggakan.

Selebihnya lakukan dengan sabar dan penuh cinta ya moms. Apapun yang momies lakukan untuk anak, yang penting selalu lakukan dengan kasih sayang. Selamanya mencoba! [Tri]

astaga dot bayi botol dot balita mom & kids 10 tips asuh