10 Manajemen Waktu yang Baik Untuk Anak

Bagi siapapun waktu adalah hal yang sangat berharga. Bukan hanya bagi orang dewasa, bagi anak-anak waktu adalah hal yang sangat penting. Dengan waktu, anak--anak dapat melakukan berbagai aktivitasnya.

google.com

Bagi siapapun waktu adalah hal yang sangat berharga. Bukan hanya bagi orang dewasa, bagi anak-anak waktu adalah hal yang sangat penting. Dengan waktu, anak--anak dapat melakukan berbagai aktivitasnya. Mulai sekolah, belajar, bermain, dan berbagai aktivitas.

So moms, karena waktu demikian berharga, maka sangat penting melakukan manajemen waktu bagi anak-anak, agar mereka dapat memanfaatkan waktu secara berkualitas. Karena biar bagaimanapun, mereka perlu menjalani waktu yang seimbang dan menyenangkan, agar tak kehilangan masa kanak-kanak yang indah.

Ingat ya moms, ketika anak menghabiskan terlalu banyak waktunya untuk belajar, maka dia akan mengalami burn out atau kelelahan ekstrim. Di sisi lain, ketika anak terlalu sering bermain atau bermalas-malasan, maka dia akan ketinggalan pelajaran dan prestasinya akan merosot. Bagaimana cara mengatur waktu untuk anak usia sekolah agar waktunya tetap seimbang dan menyenangkan?

Berikut cara mengelola waktu anak-anak dengan baik, simak ya moms!

1. Jangan menunda

Tekankan pada anak untuk tidak menunda-nunda apa yang bisa dia kerjakan sekarang. Misalnya segera mengerjakan PR sepulang dari sekolah. Hal ini penting agar anak belajar disiplin dan tidak mengulur-ulur waktu.

2. Konsentrasi

Dalam melakukan pekerjaan apa pun, anak perlu konsentrasi agar pekerjaan yang dilakukan berhasil dan tidak menyita waktu lama, termasuk ketika sedang belajar, mengerjakan tugas, atau ujian.

3. Gunakan waktu luang dengan baik

Manfaatkan waktu luang anak untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. Misalnya dengan membaca ulang pelajaran yang tadi dipelajari di sekolah, membereskan tempat tidur, merapikan buku, berolahraga, dan lain-lain. Intinya ajarkan anak untuk melakukan hal-hal yang berguna.

4. Jangan sampai lupa waktu

Agar anak tidak jenuh sesekali boleh bermain video games atau surfing di internet. Tapi ingatkan mereka agar tak lupa waktu. Berikan mereka batasan waktu yang pas. Mungkin 1 jam adalah waktu yang tepat. Hal ini penting untuk menghindari efek kecanduan.

5. Seleksi dan batasi menonton acara televisi

Saat anak libur atau di waktu senggangnya, anak boleh menonton acara televisi. Tapi selektiflah dalam memilih acara televisi. Jangan biarkan anak menonton siaran orang dewasa. Karena belakangan ini acara televisi sering kali kebablasan dan jauh dari kesan mendidik. So, lebih baik dampingi anak saat menonton. Jangan lupa batasi waktunya. Pastikan untuk mematikan televisi setelah program itu selesai.

6. Jaga kesehatan anak

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak, sebagai bekal untuk melakukan aktivitasnya. So, jangan lengah ya moms. Perhatikan kesehatan si kecil. Jangan terlalu diforsir untuk melakukan banyak kegiatan. Sesuaikan dengan kondisi anak. Berikan asupan gizi yang cukup agar anak tak mudah drop. Jika anak mengaku lelah, kurangi kegiatan dan biarkan dia beristirahat.

7. Rencanakan jadwal kegiatan yang bervariasi

Saat anak libur sekolah rencanakan kegiatan yang lebih bervariasi agar anak tidak jenuh. Misalnya berenang, berkemah, berolahraga, bermain musik, mengunjungi museum, dan lain-lain. Saat libur jangan paksa anak untuk membaca buku pelajaran. Karena saat libur anak perlu refreshing dari kegiatan belajar.

8. Datang tepat waktu

Biasakan agar anak untuk selalu datang tepat waktu datang ke sekolah. Jangan datang terlalu cepat agar waktu tak terbuang percuma dan jangan datang terlambat agar tak ketinggalan pelajaran.

9. Jangan tergesa-gesa

Ajarkan anak-anak agar jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan tugas sekolah. Lakukan tugas dengan teliti, tenang dan senang hati agar hasilnya memuaskan.

10. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal

Jangan biasakan anak tidur larut malam. Selain tak baik untuk kesehatannya, anak bisa bangun kesiangan dan terlambat ke sekolah. Dengan bangun lebih awal, anak bisa menggunakan waktu luang di pagi hari dengan lebih baik dan tidak tergesa-gesa. Mengawali hari dengan bangun pagi juga akan mencerahkan suasana hati dan membangun energi positif.

Nah moms, manajemen waktu yang baik adalah salah satu kunci sukses. Tapi ingat ya moms, bersikaplah bijak dan realistis. Meskipun Anda bermaksud untuk mengajarkan disiplin namun jangan bersikap terlalu kaku. Karena bagaimanapun juga anak-anak butuh waktu untuk bermain. Yang penting anak bisa membagi dan memanfaatkan waktu dengan baik. [Tri]

astaga 10 tips manajemen waktu orangtua anak waktu keluarga