10 Ide Kado Ulang Tahun yang Bermanfaat bagi si Kecil

Setiap ulang tahun adalah momen istimewa bagi semua anggota keluarga, terutama bagi anak-anak. Salah satu hal yang paling dinanti oleh anak-anak saat berulang tahun adalah menerima kado.

freepik.com

Mereka pasti akan sangat gembira saat membuka bungkus kado dan menemukan hadiah  yang mereka sukai. Tapi, mencari kado untuk anak,  memang gampang-gampang sulit. Selain harus menyesuaikan dengan budget, hadiah tersebut juga harus bermanfaat bagi si kecil.

So, moms jika dalam waktu dekat si kecil akan berulang tahun, mungkin 10 ide kado ini bisa jadi pertimbangan momies.

1. Perlengkapan sekolah

Perlengkapan sekolah sudah pasti bermanfaat untuk keperluannya sekolah dan untuk menunjang aktivitasnya. Berikan dia seperangkat perlengkapan sekolah mulai dari tas ransel, alat tulis, tempat pensil,  dan buku tulis. Pilihlah warna-warna yang si kecil suka.

Biasanya anak perempuan lebih suka warna pink atau warna-warna cerah. Sedangkan anak laki-laki lebih suka warna yang tegas seperti biru atau hitam. Jika mereka punya tokoh kartun favorit,  perlengkapan sekolah bergambar tokoh tersebut bisa jadi kejutan yang menyenangkan baginya.

2. Aneka buku edukatif dan cerita

Bagi anak yang belum bisa membaca pun, kado berupa buku bisa sangat bermanfaat, karena selain menghibur juga dapat merangsang imajinasi dan menambah kosakata mereka.

Selain untuk mendukung tumbuh kembang  anak, buku juga dapat meningkatkan minat baca mereka. Selain itu dengan buku edukatif, tanpa sadar anak belajar pengetahuan baru dengan cara yang berbeda dengan di sekolah.

Selain buku edukatif, momies juga dapat memilih buku cerita sesuai  kebutuhan anak di usia tersebut. Mulai dari dongeng nusantara, fabel, kisah religi sampai koleksi klasik seperti Dr. Seuss atau Enid Blyton.

3. Dekorasi kamar pribadi

Kalau biasanya momies belanja pernak-pernik ruang tamu dan dapur, di hari ulang tahunnya merupakan waktu yang tepat untuk memilih pernak pernik dekorasi kamar anak.

Kalau memungkinkan, menata ulang kamarnya dengan berbagai perabotan baru tentu sangat menyenangkan. Ajak anak untuk memilih sendiri tempat tidur, meja belajar sampai lemari yang ia sukai.

Tapi jika dana terbatas, momies tetap dapat memberi sentuhan baru agar kamarnya terkesan lebih cerah. Ganti cat dinding kamar dengan warna kesukaannya, pasang sprei baru dengan motif kartun favoritnya, serta tambahkan pigura untuk hiasan dinding, berisi gambar dirinya.

4. Sepeda baru

Hampir semua anak suka bersepeda. Dengan bersepeda membuat anak lebih aktif bergerak si luar rumah. Bahkan, jika jarak rumah dan sekolah berdekatan, sepeda juga membuat si kecil bisa berangkat sendiri ke sekolah.

Jangan lupa untuk mengajarkan peraturan lalu lintas sederhana pada anak setelah ia mendapatkan kado sepeda ini, agar anak bisa mengendarai sepeda barunya dengan baik saat berada di jalan.

5. Sepatu atau sandal baru

Usia anak adalah usia bermain. Tentu dia akan senang bermain diluar rumah bersama teman-teman sebayanya. Hadiah alas kaki berupa sepatu atau sandal baru tentu merupakan kado yang bermanfaat untuk menunjang aktivitas bermainnya di luar rumah. Dan juga sangat bermanfaat untuk jalan-jalan santai bersama keluarga. Pilihlah model dan warna yang anak sukai. Pastinya kado ini akan menjadi kado istimewa baginya.

6. Alat musik

Si kecil sudah menunjukkan minatnya di bidang musik? Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memainkan alat musik sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang otak dan perilaku anak.  

So,  ini saat yang tepat untuk membelikan alat musik sebagai kado untuk anak di hari ulang tahunnya. Pilihlah alat musik yang berkualitas ya moms. Tentu sesuaikan dengan kegemaran anak. Dengan hadiah ini, pasti ia akan semakin semangat belajar memainkan alat musik.

7. Jam tangan

Jika si kecil sudah mulai masuk Sekolah Dasar,  jam tangan bisa menjadi kado alternatif yang berkesan. Pilihlah motif dan warna yang menarik. Selain menjadi kado yang unik, jam tangan juga bisa menjadi alat belajar anak untuk mengetahui waktu.

8. Masakan kesukaannya

Saat ulang tahun, masaklah  makanan kesukaannya. Berikan ia kejutan dengan menyediakan masakan favoritnya lengkap dengan meja makan yang ditata rapih. Jangan lupa juga sediakan kue ulang tahunnya agar si kecil semakin terkesan. Pasti si kecil akan sangat senang dengan kejutan ini.

9. Perlengkapan mandi

Berikan perlengkapan mandi untuk si buah hati. Perlengkapan mandi terdiri dari handuk, sabun mandi, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi. Hadiah ini secara tidak langsung akan mengajarkan si kecil tentang kebersihan tubuh. Agar dia bersemangat setiap kali mau mandi. Pilihlah aroma sabun atau pasta gigi yang anak suka. Sedangkan untuk handuk dan sikat gigi, pilih sesuai warna favorit atau kartun karakter kesukaan anak.

10. Kotak makan dan botol minuman

Kotak makan dan botol minuman akan sangat bermanfaat sebagai wadah bekalnya ke sekolah. Saat ini banyak tersedia di pasaran kotak makan dan botol minuman dengan bentuk, warna dan model yang menarik. Pilihlah yang sesuai kesukaan anak. Tapi jangan lupa pilihlah yang menggunakan material yang aman ya moms. Dalam arti peralatan makan dan minum tersebut memang direkomendasikan untuk makanan dan minuman, serta tidak mengandung bahan berbahaya.

Nah moms, kira-kira kado apa yang paling pas untuk buah hati momies? Tentu Anda lah yang paling paham apa kebutuhan dan kesukaannya. Toh wajar sebagai orangtua menyenangkan anak di hari ulang tahunnya. Tapi beri pengertian pada si kecil ya moms, bahwa ulang tahun tidak selalu identik dengan kado. Jauh yang lebih penting dari semua Itu adalah doa dan kasih sayang yang tulus dari orangtua kepada buah hatinya. [Tri]

astaga 10 ide kado ulang tahun anak orangtua