10 Disiplin Ini Penting Diterapkan pada Anak Sejak Dini

Penerapan disiplin pada anak perlu dilakukan sejak dini. Disiplin merupakan suatu cara untuk membentuk tingkah laku anak menjadi tingkah laku yang positif yang akan menjadi kebiasaan.

Penerapan disiplin pada anak perlu dilakukan sejak dini. Disiplin merupakan suatu cara untuk membentuk tingkah laku anak menjadi tingkah laku yang positif yang akan menjadi kebiasaan. Sehingga anak akan melakukannya dengan senang hati tanpa adanya keterpaksaan.

Untuk melakukan itu semua, kita membutuhkan kesabaran yang ekstra, sebab disiplin adalah sebuah sikap dan tindakan yang tidak dapat dibentuk dalam waktu singkat saja, tetapi kita perlu melalui beberapa proses sampai akhirnya anak menjadi terbiasa.

Disiplin hendaknya berlaku universal dan dimulai dari aktivitas sehari-hari yang sederhana. Hal ini tercemin dari 10 disiplin yang perlu diterapkan pada anak sejak dini.

1. Disiplin ibadah

Disiplin yang paling utama yang wajib diterapkan pada anak adalah disiplin ibadah. Karena ibadah adalah perintah agama dan agama adalah tiang kehidupan yang mengajarkan segala hal kebaikan. Dengan disiplin ibadah, akan membuat anak memahami sejak dini bahwa dalam hidup ini hubungan dengan sang Pencipta alam semesta begitu penting. So, ingatkan anak untuk selalu ibadah ya moms. Disiplin itu dalam arti tepat waktu dan selalu taat mengerjakannya.

2. Disiplin sekolah

Bagi anak usia sekolah tentu saja sekolah adalah keharusan. Biasakan anak untuk berangkat sekolah tepat waktu. Ajarkan dia untuk mengelola waktunya agar tidak terlambat ke sekolah. Mulai dari bangun pagi, mandi, dan sarapan. Sehingga tak ada lagi alasan kesiangan dan terlambat ke sekolah. Ingat ya moms, sekolah adalah hal penting untuk masa depannya. Jika sejak kecil anak sudah malas-malasan ke sekolah, dikhawatirkan akan terbawa sampai dia dewasa dan hal ini sangat tidak baik bagi perkembangan mentalnya.

3. Disiplin belajar

Selain belajar di sekolah, anak juga perlu belajar di rumah untuk mengulang pelajaran di sekolah. Anak perlu mengerjakan peer, membaca buku pelajaran dan berlatih mengerjakan soal.

Orangtua perlu memantau apakah anak benar-benar sudah belajar atau belum. Jika anak kurang disiplin terhadap aturan ini, orangtua dapat menegur langsung untuk mentaati aturan belajar di rumah.

4. Disiplin bermain

Selain belajar, bermain adalah hal yang cukup penting dalam kehidupan anak-anak. Karena jika anak hanya belajar terus menerus, dia akan tertekan dan tak bahagia.
Bermain itu penting untuk  menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari. So, orangtua perlu mengatur waktu bermain seperti kapan saatnya bermain, dimana dia bermain dan bagaimana dia bermain. Ingat ya moms, bermain dapat menambah kreativitas anak, membuat anak ceria dan melatih kemampuannya bergaul.

5. Disiplin istirahat

Istirahat adalah hal yang sangat penting bagi anak. Jangan biarkan anak beraktivitas seharian tanpa beristirahat. Istirahat perlu untuk mengumpulkan energi dan mengembalikan kebugaran. So moms, ingatkan anak untuk istirahat ya terutama saat malam hari setelah anak makan malam dan belajar.

6. Disiplin bangun pagi

Setelah tidur malam yang cukup, apa yang harus dilakukan anak? Tentu saja adalah bangun tidur tepat waktu. Jangan sampai anak terlambat bangun karena bermalas-malasan. Bangun tidur di awal waktu sangat penting untuk melakukan aktivitas seperti mandi, sarapan, dan bersiap-siap ke sekolah.

7. Disiplin mandi dan sikat gigi

Banyak anak yang malas mandi karena asyik bermain atau alasan lain. Jangan dibiarkan ya moms, menjaga kebersihan tubuh itu sangat penting agar anak sehat dan segar. Ingatkan juga untuk selalu gosok gigi agar giginya terhindar dari kerusakan dan tidak berbau.

8. Disiplin makan

Tentu saja makan adalah hal yang tak boleh terlewatkan bagi anak-anak di usia pertumbuhan. Berikan anak-anak makanan bergizi seimbang. Dan jangan biarkan anak lupa makan karena sibuk beraktivitas.

9. Disiplin olahraga

Untuk menambah kebugarannya, ajak anak berolahraga bersama, paling tidak seminggu sekali. Pilihlah olahraga yang disukai anak. Misalnya berenang, bersepeda atau sekedar lari pagi. Jika dilakukan secara rutin, selain melatih kedisiplinannya, juga akan menguatkan tubuhnya,  menyehatkan fisik dan mentalnya.

10. Disiplin membantu pekerjaan rumah tangga

Berikan anak tanggung jawab pekerjaan di rumah. Misalnya membuang sampah, menyapu halaman, menyiram tanaman, membereskan tempat tidur, atau membersihkan kaca jendela. Berikan dia minimal satu tugas. Dan ingatkan anak untuk mengerjakannya secara disiplin. Hal ini sekaligus mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugasnya.

Nah moms, ternyata disiplin erat kaitannya dengan peraturan yang harus ditaati ya? Tanpa aturan, anak tak dapat mengontrol diri, kurang bertanggung jawab, dan bersikap semaunya.

Ingat loh moms, disiplin terhadap penggunaan waktu menjadi kunci penting untuk membentuk karakter dan mentalnya. Jika anak diisplin berarti anak dapat membagi waktu dan memanfaatkannya menjadi lebih efektif. Hal ini akan menjadi bekal bagi anak untuk meraih kesuksesan di masa depannya! [Tri]

astaga displin anak orangtua anak usia dini mom & kids