10 Cara Sederhana Ini Membuat Anak-anak Tidak Mudah Terserang Penyakit

Semua orangtua ingin memiliki anak-anak yang sehat dan ceria. Namun sebagai anak biasa, ada masanya mereka terserang sakit. Apalagi saat cuaca tak menentu.

Di musim penghujan seperti saat ini, berbagai macam jenis penyakit sangat mudah menyerang, terutama anak-anak. Sebagai orang tua yang peduli, tentu Anda harus mengupayakan kesehatan mereka.

Nah moms, berikut ini 10 cara sederhana yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk mencegah supaya anak-anak tidak mudah terserang penyakit.

1. Menjaga kebersihan rumah

Sebagai tempat berteduh, rumah adalah tempat berlindung bagi semua anggota keluarga dari paparan cuaca dan suhu yang tidak bersahabat. Rumah yang terjaga kebersihannya tentu dapat menunjang kesehatan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan rumah Anda. Biasakan membersihkan rumah hingga ke setiap sudut rumah. Sehingga rumah lebih sehat dan menjadi tempat ternyaman bagi anak-anak.

2. Menjaga kebersihan tubuh

Tidak bisa dipungkiri tubuh yang sehat adalah tubuh yang selalu bersih. So, ajari anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Biasakan mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Biasakan untuk selalu mandi dan sikat gigi 2 kali sehari. Ajari pula mereka untuk secara teratur mengganti pakaiannya bila sudah kotor karena dipakai seharian untuk bermain.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Tubuh amat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses di dalamnya, seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh, serta proses metabolisme tubuh lainnya.  Apabila tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, ajari anak-anak untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk menambah daya tahan tubuhnya berikan jus buah.

4. Jangan biasakan jajan

Ajari mereka untuk tidak jajan sembarangan, terutama makanan yang dijual pedagang jajanan di lingkungan sekolahnya. Karena jajanan di luar rumah, tidak terjamin kebersihannya, bahkan disinyalir mengandung zat berbahaya seperti pewarna tekstil, pengawet, dan msg yang berlebihan. Lebih aman jika Anda membekali mereka makanan yang Anda masak dari rumah. Mungkin akan sedikit repot, tapi Ini adalah cara terbaik untuk melindungi mereka dari paparan penyakit.

5. Konsumsi sayuran dan buah

Jangan lupa tingkatkan daya tahan tubuh anak-anak Anda dengan cara memberinya asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Kandungan serat dan vitamin yang terkandung dalam sayur dan buah sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai macam virus penyebab penyakit.

6. Istirahat yang cukup

Anak-anak yang aktif serasa punya energi berlebih sehingga seperti tak kenal lelah bermain dan beraktivitas. Mereka biasanya akan menolak jika disuruh beristirahat. Tidak perlu dipaksa ya moms. Yang perlu Anda lakukan adalah memantau aktivitas mereka dan mengingatkan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Ketika malam tiba, minta mereka untuk tidur tepat waktu, supaya keesokan harinya tubuh mereka lebih segar untuk memulai aktivitas baru.

7. Menjaga kebersihan peralatan makan

Kebersihan peralatan makan seperti piring, sendok, gelas dan lainnya cukup penting untuk menunjang kesehatan anak-anak dan anggota keluarga. Jangan biasakan menumpuk peralatan makan di tempat cucian, bila selesai digunakan segera cuci supaya tidak menumpuk benda kotor. Gunakan cairan khusus pencuci piring ya moms dan bilas sampai bersih semua peralatan makan yang telah dicuci.

8. Menyediakan obat-obatan secukupnya

Pastikan kotak P3K di rumah Anda berisi obat-obatan yang diperlukan anak-anak dan anggota keluarga. Sediakan obat diare, demam, nyeri, vitamin dan madu. Jangan lupa sediakan pembalut luka, minyak angin, dan lain-lain. Pastikan keamanan serta tanggal kadaluarsanya masih panjang, jangan sampai Anda memberi obat kadaluarsa yang menimbulkan efek lebih parah.

9. Menjadi orang tua siaga dan tanggap

Jadilah orang tua yang peduli, siaga dan tanggap terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga, terutama terhadap anak-anak. Ada baiknya setiap keluarga memiliki dokter langganan yang sudah terbiasa menanggani riwayat penyakit yang diderita oleh anak-anak Anda, dengan demikian bila tiba-tiba salah satu dari mereka jatuh sakit, maka Anda sudah tahu kemana harus meminta bantuan.

10. Sempatkan berolahraga

Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh olahraga, anak-anak  pun  harus dibiasakan berolahraga 
untuk menjaga kesehatannya. Dengan olahraga rutin otot tubuh akan semakin kuat dan tak mudah terserang penyakit. Ajak anak Anda melakukan olahraga yang disukainya, misalnya berenang, bersepeda atau joging. Lakukan saat mereka libur sekolah.

So moms, cukup sederhana bukan menjaga agar anak-anak tetap sehat?  Ingat, kesehatan adalah aset penting dan sangat berharga. Dengan kesehatan, siapapun dapat melakukan aktivitas yang positif. Bagi anak-anak kesehatan sangat penting sebagai bekal untuk belajar dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Anak sehat pun akan lebih mudah berprestasi. So keep health your family moms...![Tri]

astaga mom & kids 10 cara penyakit anak keluarga orangtua