10 Cara Cepat untuk Menurunkan Demam Anak di Malam Hari

Semua orangtua, terutama ibu tentu ingin anaknya sehat-sehat saja. Namun, kita tak bisa menghindari jika suatu waktu anak terserang demam, terutama demam di malam hari.

freepik

Demam merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh anak. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Tapi jangan panik ya moms. Karena tidak semua demam harus diobati ke dokter, kadang Anda bisa mengatasi demam anak dengan pengobatan di rumah saja.

Seorang anak dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai angka 37° C atau lebih. Karena itu, ketika mencurigai anak demam, pastikan dulu suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh.

Biasanya suhu tubuh anak naik-turun saat demam, lebih rendah pada pagi hari dan  lebih tinggi di malam hari. Bahkan anak sampai menggigil di malam hari karena suhu tubuh mulai naik. Hal ini membuat anak tidak tidur dengan nyenyak pada malam hari. Inilah biasanya yang membuat para ibu khawatir.

Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah saat anak demam di malam hari.

1. Kompres dengan air hangat

Mengompres anak dengan air hangat adalah cara yang banyak dilakukan para ibu untuk membantu menurunkan demam anaknya. Ini merupakan sebuah cara yang sudah dipraktekkan turun-temurun. Sebenarnya, cara ini hanya dapat menurunkan demam anak untuk sementara saja. Beberapa anak mungkin tidak nyaman dengan kompresan di dahinya. Namun, cara ini cukup membantu  menurunkan demam anak.

2. Seka tubuh anak dengan air hangat

Menyeka tubuh anak dengan air hangat (29,4-32,2° C)  dapat membantu mengatasi demam anak. Gunakan handuk kecil atau waslap untuk menyeka tubuh anak yang demam. Air hangat yang mengenai kulit anak akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikit menurun (1-2° C selama 30-45 menit). Jangan gunakan air dingin, karena air dingin justru membuat anak menggigil dan membuat suhu tubuh anak naik untuk mentolerir kedinginan.

3. Memakaikan pakaian tipis

Pakaikan anak dengan pakaian berbahan tipis dan nyaman. Pakaian yang terlalu tebal justru dapat mencegah panas tubuh anak keluar, sehingga demam anak bisa lebih tinggi. Pakaian yang lebih tipis dapat membantu panas dari dalam tubuh keluar lebih mudah.

4. Atur suhu kamar

Anda juga dapat membantu mengeluarkan panas tubuh anak dengan membuat suhu kamar anak senyaman mungkin, sehingga anak tidak kedinginan atau kepanasan. Biarkan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk dapat memulihkan kondisi tubuhnya kembali.

5. Minum air putih hangat yang banyak

Meminum air putih hangat  dapat membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh. Minum air yang banyak juga dapat mencegah anak dari dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh). Karena demam menyebabkan anak kehilangan banyak cairan dari biasanya. Selain minum air putih, anak juga bisa mendapatkan cairan dari makanan atau minuman lain, seperti sup, susu hangat, dan sebagainya.

Sebaiknya hindari anak dari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, maupun minuman bersoda. Minuman ini  membuat anak lebih sering buang air kecil, sehingga dikhawatirkan anak akan kehilangan banyak cairan.

6. Makan yang banyak

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak saat demam. Sehingga, asupan makan yang banyak dapat membantu demam anak lebih cepat sembuh. Semakin tinggi demam anak, maka semakin besar pula kebutuhan gizi anak.

Biasanya nafsu makan anak berkurang saat ia demam, apalagi saat demam malam hari. Hal inilah justru yang dapat memperlambat kesembuhan anak. Cobalah berikan makanan yang mudah dicerna seperti roti, biskuit atau bubur. Tapi jangan terlalu dipaksa, jika ia tidak ingin memakannya. Biarkan ia makan sedikit demi sedikit, sampai ia mengantuk dan tertidur.

7. Memberi asupan vitamin C

Vitamin C memiliki sifat anti radang yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan radang yang mejadi penyebab demam pada anak. Vitamin C juga memiliki manfaat meningkatkan proses kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Berikan vitamin C sesuai dosis dan usia anak, atau sesuai dengan anjuran dokter.

8. Memijat anak

Pijatan lembut seorang ibu pada anaknya dapat memberikan efek menenangkan dan rasa nyaman, sehingga anak bisa beristirahat dengan lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Pijatan pada anak dapat dilakukan dengan mengolesi tubuhnya dengan minyak gosok yang hangat, seperti minyak telon atau minyak kayu putih agar pori-porinya terbuka dan panas tubuhnya lebih mudah keluar. Pijatan juga dapat memperlancar peredaran darahnya. Peredaran darah yang lancar akan membuat proses pengangkutan zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah menjadi lebih baik lagi.

9. Gunakan ramuan bawang merah

Sebagai bahan tradisional, bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri dan bahan lainnya yang amat bermanfaat untuk menurunkan panas demam anak. Rajang atau parut bawang merah dengan potongan kasar, kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Balurkan ke seluruh tubuh anak, dan letakkan ampasnya di dahi anak untuk mengompres. Namun, hati-hati dalam penggunaannya  jika kulit anak bersifat sensitif.

10. Berikan parasetamol atau ibuprofen

Dua jenis obat ini memang terkenal ampuh untuk menurunkan panas demam. Umumnya, ibuprofen lebih disukai karena dapat menurunkan panas demam anak lebih cepat daripada parasetamol. Parasetamol memiliki efek menurunkan panas yang lebih lambat dari ibuprofen. Sesuaikan dosis obat ini sesuai usia anak dan jangan gunakan dua jenis obat sekaligus. Ibuprofen memang dapat menurunkan panas lebih cepat, namun tidak cocok untuk anak berusia di bawah enam bulan karena memiliki efek samping yang lebih kuat dan berbahaya untuk kelompok usia anak yang lebih muda.

Orangtua dapat membawa anak ke dokter, apabila demam panasnya tidak turun-turun dalam kurun waktu satu minggu lebih, atau panas anak sangat tinggi sehingga berpotensi terjadi kejang demam. Jika suhu tubuh anak mencapai suhu 38ºC untuk anak usia tiga bulan, atau 39ºC atau lebih untuk anak usia 3-6 bulan, maka anak perlu mendapatkan pertolongan medis. [Tri]

astaga demam anak fever 10 tips 10 cara turunkan demam