5 Hal yang Bikin Penerbangan Jadi Menyebalkan

Now everybody can fly ... yeah, but really ? Benarkah bisa terbang dengan aman dan nyaman ? Padatnya lalu lintas udara, kendala teknis, perijinan dan sebagainya kadang menjadikan perjalanan dengan pesawat kurang menyenangkan. Apa sajakah itu ?

1. Delay

Delay metrotv.com

Jika delay atau keterlambatan karena cuaca, sangat biasa dimaklumi. Tetapi kalau delay karena kru pesawat tidak tersedia dan masih berada di "negara lain", itu dia yang lucu. Ini kejadian di maskapai nomer satu di Indonesia. 

Ingat, kalau terjadi delay, ini hak penumpang ya !

2. Pindah penerbangan sepihak

Pindah penerbangan sepihak

Berdasarkan pengalaman, ada sebuah "budget airlines" yang hobi sekali mengalihkan jadwal penerbangan seenak dia. Bisa jadi lebih cepat, lebih lama, atau bahkan ganti hari. Dipikirnya penumpang memesan tiket dan jam bukan dengan pertimbangan A-B-C, nyatanya seenak mereka memindahkan penumpang. 

3. Salah posisi

Salah posisi

Yang kebetulan tidak bisa memilih bangku pasti sering mengalami ini. Dapat bagian luar atau aisle, padahal penumpang disebelahnya hobi sekali ke toilet. Mana kebetulan ruang duduk sempit, badan juga agak besar, tiap kali dia mau keluar mesti berdiri. 

4. Penumpang rempong

Penumpang rempong

Dapat teman duduk yang super rempong, super berisik, padahal pengennya istirahat selama perjalanan. Penumpang rempong ada berbagai macam jenisnya, cuma ibu dengan anak balita harap dimaklumi ya. 

5. Refund tak kunjung cair

Refund tak kunjung cair

Penerbangan yang dibatalkan biasanya menawarkan opsi refund atau uang kembali. Namun jangan banyak berharap ya... butuh kesabaran tingkat dewa, perjuangan ala kemerdekaan untuk mendapatkan. Lagi, pengalaman dengan "budget airlines", entah sampai kapan refund bisa cair, penumpang malah dicuekin.  Kapok ? banget. 

penerbangan maskapai indonesia traveling garuda indonesia airasia lion air meme