Peringatan Hari Aids Se-dunia, Mari Pahami Kembali Fakta tentang Aids!

Tepat 1 Desember 2018 diperingati sebagai hari AIDS se-dunia. Penyakit yang sampai saat ini belum dapat ditemukan obatnya.

google.com

Umumnya penyakit tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Namun apakah kalian sudah memahami beberapa fakta dibalik penyakit tersebut?

Sebagai orang yang banyak yang salah memahami penyakit tersebut. sehingga menyebarkan berbagai macam mitos di kalangan masyarakat. 

Yuk, simak beberapa fakta mengenai penyakit AIDS yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

1. Berprilaku normal layaknya orang sehat.

Seseorang yang menderita AIDS tidak memiliki bentuk dan ukuran fisik yang berbeda dengan orang normal. Melainkan mereka yang menderita AIDS tetap terlihat sama seperti orang yang sehat pada umumnya.

2. Oral Seks dapat menularkan HIV/ AIDS

Sebagai orang menganggap hanya hubungan intim saja yang berpotensi menyebarkan virus HIV. Faktanya oral seks sendiri juga termasuk dalam hubungan intim yang dapat berpotensi menyebarkan virus HIV itu sendiri.

3. Virus dapat menyebar untuk segala usia.

Tidak sedikit masyarakat yang masuh beranggapan hanya anak muda yang memakai obat-obatan terlarang dan melakukan seks bebaslah yang berpontensi terjangkit virus HIV. Namun fakta yang sebenarnya mereka dari segala usia baik balita, remaja hingga manula masih amat sangat berpotensi terjangkit virus HIV.

4. Bayi dapat lahir sehat walau sang ibu terjangkit HIV.

Sebagai orang masih berfikir bahwa seorang ibu yang terjangkit virus HIV akan selalu menularkan HIV kepada janinnya juga. Namun penularan HIV dari ibu ke anak merupakan penularan vertikal yang dapat diminimalisir penularannya jika segera dilakukan usaha pencegahan. Sekarang ini sudah banyak kasus dimana bayi dapat lahir dengan sehat saat sang ibu terjangkit HIV.

Nah demikian beberapa fakta terkait AID/HIV. Semoga kita bukan sekedar sebagai kaum yang memperingati hari AIDS se-dunia tapi kita semua dapat paham benar  fakta yang tentang AIDS itu sendiri!

AIDS HIV Fakta AIDS/HIV kesehatan