Cara Mudah Mencegah Kerut pada Wajah

Banyak cara untuk menghilangkan kerut merut di wajah. Mulai dari cara tradisional, sampai yang sangat modern seperti menggunakan botox, laser, atau operasi plastik.

Banyak cara  untuk menghilangkan kerut  merut di wajah. Mulai dari cara tradisional, sampai yang sangat modern seperti menggunakan botox, laser, atau operasi plastik.

Tapi tahukah anda, ada cara yang paling mudah dan sederhana untuk mengatasi kerut merut di wajah?

Berikut adalah cara mudah untuk menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut selama mungkin.

1. Mulailah dengan gaya hidup sehat

Faktor terbesar yang berpengaruh pada penuaan adalah genetika, yang membuat seseorang lebih cepat tua dibandingkan yang lain.

Meskipun genetika seperti faktor yang tak terhindarkan, cara termudah mencegah penuaan adalah dengan mempertahankan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Itu berarti anda harus makan makanan sehat, membatasi konsumsi alkohol, cukup tidur, berolahraga, meminimalkan stres, mengurangi paparan sinar matahari, dan tentu saja, menghindari rokok dan narkoba.

2. Menghindari paparan sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab terbesar dari keriput, garis-garis halus, dan kulit terlihat lebih tua dari yang seharusnya.

Itu sebab, gunakan pelembab yang mengandung spektrum luas SPF 30, bahkan jika Anda hanya duduk di mobil atau kantor sepanjang hari.

Hal ini disebabkan paparan sinar matahari melalui mobil dan jendela kantor dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Cara lain, lindungi mata dengan kacamata hitam, memakai topi, dan menghindari keluar ruangan saat matahari bersinar terik.

3. Makan makanan yang mengurangi keriput

Tambahkan lebih banyak ikan, kedelai, buah-buahan dan sayuran pada menu diet anda.

Berbagai jenis ikan merupakan sumber potensial asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega-3, yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda, serta mencegah keriput dan peradangan.

Penelitian terbaru menunjukkan orang yang memakai suplemen berbasis kedelai menunjukkan tanda-tanda struktur kulit membaik setelah enam bulan penggunaan.

Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan dianggap efektif melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel), sehingga membantu kulit terlihat lebih muda dan lebih bercahaya secara keseluruhan.

Sebaliknya, konsumsi gula dan alkohol harus dikurangi karena dapat membuat kulit kering dan tampak kusam.

4. Mengikuti rezim perawatan kulit yang baik.

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai rutinitas perawatan kulit.

Merawat kulit dengan mencuci muka setiap hari. Jangan tidur dengan riasan wajah yang masih menempel. Gunakan pelembab dengan SPF, mengoleskan krim malam atau pelembab, dan melakukan eksfoliasi (pengelupasan) dua sampai tiga kali seminggu akan membantu mencegah keriput.

Eksfoliasi merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin. Jika anda belum menggunakan produk dengan retinol, mungkin sekarang saatnya untuk memulainya.

Bahan-bahan yang mengandung retinol berdampak aktif mengurangi formasi kerut dan keriput.

Menggunakan produk retinol juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi kerusakan kolagen.

Jika anda melakukan program perawatan kulit serta memulainya pada usia relatif dini, anda akan sedikit mengalami efek penuaan.

5. Jangan terlalu kurus.

Meskipun memiliki kelebihan berat badan tidak baik untuk kesehatan, wajah yang berisi akan membuat tampilan anda lebih muda dan lebih sedikit kerut dari orang yang memiliki wajah tirus akibat terlalu kurus.

Berat badan di bawah ideal dapat mengurangi volume wajah, sehingga menyebabkan mata terlihat cekung, tulang pipi lebih menonjol, dan kulit yang kehilangan elastisitas serta kekencangan.

Itu sebab, untuk membuat kulit tetap awet muda, jangan sampai berat badan anda berada di bawah normal. Tubuh yang terlalu kurus dan tidak memiliki cukup lemak akan memunculkan garis dan keriput.

6. Berhenti mengerutkan kening.

Meskipun mungkin berpikir keras, mengerutkan wajah bisa memicu kerutan. Sebagian ahli mengatakan kebiasaan ini dapat mempengaruhi penuaan kulit.

Otot-otot wajah yang digunakan untuk membuat ekspresi ini seiring waktu akan menciptakan garis di kulit yang sebenarnya tidak perlu berada di sana.

7. Tidur lebih nyenyak

Saat kurang tidur, tubuh menghasilkan kelebihan kortisol, hormon stres yang memecah sel-sel kulit. Sedangkan tidur nyenyak akan meregenerasi sel-sel kulit anda.

Selain bebas kerut, wajah akan lebih bersinar. Jangan lupa untuk pancarkan inner beauty juga ya..! [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita kulit wajah perawatan menjaga kulit