Tinggalkan Kesan Baik Sebelum Resign

Dengan berbagai alasan, seseorang kerap memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya saat ini. Namun banyak yang merasa tak enak hati untuk menyampaikan keputusannya itu.

Dengan berbagai alasan, seseorang kerap memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya saat ini. Namun banyak yang merasa tak enak hati untuk menyampaikan keputusannya itu.

Apapun masalahnya, anda tak bisa begitu saja menghilang dan tak muncul lagi di kantor. Ada etika agar nama baik anda tetap terjaga meskipun tak bekerja lagi di kantor tersebut. Coba simak tips:

# Beri tahu bos

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika anda sudah mantap meninggalkan perusahaan adalah memberi tahu atasan langsung. Jangan sampai bos mendengar berita kurang menyenangkan tersebut dari orang lain. Hindari bercerita kepada banyak teman agar berita tidak tersebar. Bila anda belum yakin dengan pengunduran diri, ada baiknya untuk tidak bercerita kepada siapapun.

#  Beri tahu sebulan sebelumnya

Pemberitahuan resign yang mendadak akan membuat kesal para rekan dan atasan. Untuk itu, ajukan surat pengundurkan diri paling tidak sebulan  sebelumnya atau paling lambat dua minggu sebelumnya. Namun pastikan kembali batas pengiriman surat resign sesuai dengan aturan masing-masing perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan sempat mencari pengganti anda.

# Ucapkan terima kasih pada semua rekan

Sebelum meninggalkan rekan-rekan, jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka. Bagaimana pun mereka telah membantu dalam perjalanan karier anda. Rasa terimakasih tersebut bisa disampaikan melalui ucapan atau mungkin dengan mentraktir makan siang. Jangan lupa untuk meminta nomor kontak mereka, karena siapa tau di masa mendatang mereka bisa bekerja sama lagi dengan anda.

# Rapikan dokumen dengan baik

Untuk meninggalkan kesan baik kepada rekan, bos, dan calon pengganti anda, rapikanlah dokumen-dokumen kerja. Beritahu salah seorang rekan di mana letak kertas atau file penting. Jangan meninggalkan kantor dengan meja berantakan atau menyisakan banyak sampah. Beritahu kepada teman-teman untuk tidak ragu menghubungi anda bila diperlukan.

# Jaga semangat

Biasanya karena tak lama lagi meninggalkan kantor, sebagian karyawan merasa tak perlu lagi giat bekerja. Namun hindari sikap seperti itu. Hal tersebut akan membuat rekan, atasan, atau klien jadi tidak menghormati anda dan mencap anda sebagai pekerja yang buruk. Jika bisa saat-saat terakhir habiskan dengan bekerja keras sehingga meninggalkan kesan dan keuntungan yang baik kepada perusahaan.

Intinya tinggalkan kesan sebaik-baiknya di mata bos, rekan-rekan dan perusahaan. Dengan demikian meskipun anda tak lagi bekerja sama dengan mereka, paling tidak mereka mengingat anda sebagai pribadi dan pekerja yang positif. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita resign karir kesan baik