Rahasia CEO Dunia Terbebas dari Stress

Menjadi pimpinan dalam sebuah bisnis, baik itu perusahaan kecil maupun global adalah pekerjaan yang tidak mudah dan sangat menantang. Tidak hanya sekadar membawahi dan bertanggung jawab terhadap banyak karyawan, setiap keputusan yang diambil mau tidak mau

Tanggung jawab yang cukup besar seringkali dianggap sebagai masalah yang berat. Tak jarang, pemikiran dan ketakutan tersebut menimbulkan keresahan hingga  berdampak pada kecemasan dan  berpotensi menyebabkan stres berat. Jika ini terjadi maka dampak buruk akan terjadi tak hanya pada kesehatan pribadi namun membahayakan kelangsungan perusahaan.

Tapi, bagi anda yang berangan-angan menjadi pemimpin perusahan tak perlu khawatir berlebihan. Tetap pupuk dan rintis impian itu sampai terwujud. Anda mungkin bisa mencontoh kisah CEO (Chief Excecutive Officer) perusahaan besar yang tetap dapat menikmati hidup meski memikul tanggung jawab besar.

Apa ya rahasianya? Berikut adalah penuturan CEO  sukses tentang rahasia agar tetap tenang dan bebas dari stress berat meski tengah berada dalam tekanan dan tanggung jawab yang besar:

Jason M. Lemkin

Jason M. Lemkin adalah managing director dari Storm Ventures dan CEO dari EchoSign. Beberapa kiat agar tetap tenang meski berada dalam tekanan, antara lain:

# Tetap tenang

Seorang pimpinan tidak boleh terlihat cemas atau lepas kontrol meski perusahaan sedang menghadapi masalah cukup besar. Sikap tenang wajib ditunjukkan karena karyawan bisa saja merasa kehilangan kepercayaan jika melihat anda kebingungan.

# Carilah bantuan

Pilihlah dua atau tiga orang kepercayaan yang anda percaya untuk ikut membantu meyelesaikan masalah perusahaan. Hal ini cukup penting dilakukan agar anda dapat meminta pendapat kedua sebelum memutuskan langkah pemecahan masalah.

# Jangan lupa istirahat

Anda tidak boleh menjadi seorang workaholic level akut meski memilik tanggung jawab cukup besar. Beristirahatlah jika sudah lelah, meski hanya dengan minum secangkir kopi atau tidur sejenak, karena hal itu akan membantu menenangkan diri.

# Ambil liburan

Dunia bisnis memang cukup menyita waktu dan tenaga, namun hal ini bukan berarti anda mendedikasikan hidup untuk berbisnis sepanjang waktu. Ambillah beberapa waktu di sela-sela kesibukan untuk berlibur dan pastikan anda cuti dari segala kegiatan yang berhubungan dengan bisnis ketika memutuskan liburan.

Tom Chavez, CEO Kurk Digital Inc

Bagi Tom Chaves, menanggung posisi sebagai CEO adalah pekerjaan yang tidak pernah bisa membuatnya tenang karena seorang CEO menanggung berbagai tuntutan yang berpengaruh bagi kelangsungan perusahaan. Hal yang bisa dilakukan adalah berpura-pura segalanya berjalan dengan baik untuk menenangkan karyawan sambil memikirkan jalan keluar masalah yang dihadapi.

Tom Chaves menyatakan bahwa rahasia agar tetap tenang ditengah tekanan adalah memiliki pemikiran untuk tidak menyerah ditengah jalan. Dia percaya  bahwa pasti ada jalan keluar untuk segala kesulitan yang dihadapi.

Itulah rahasia dari CEO dunia untuk tetap tenang dan bebas dari stress berat ketika menghadapi masalah maupun tekanan dalam berbisnis. Intinya adalah adalah jangan terburu-buru mengambil keputusan karena setiap langkah yang dipilih menentukan tumbuh atau jatuhnya perusahaan yang dipimpin. Berpikir cerdas namun tepat dan percaya diri menjadi kunci sukses para CEO di dunia. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir karir tips bisnis