Pentingnya Iklan Bagi Sebuah Produk

Salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas adalah beriklan. Banyak produk yang sukses di pasaran karena kekuatan iklan. Sehingga tak dapat dipungkiri, saat ini iklan menjadi alat komunikasi yang sangat penting bagi produsen

freepik

Secara umum, iklan memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut:

Informing,  Iklan memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai produk perusahaan, baik itu barang atau jasa. Informasi ini menjadi sangat penting terutama untuk produk yang baru dipasarkan. 

Persuasif,  iklan harus berisi bujukan, ajakan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan. Atau paling tidak agar masyarakat tertarik untuk mengetahui produk tersebut lebih jauh.

Reminding, iklan bersifat mengingatkan kepada masyarakat akan keberadaan sebuah produk. Meskipun sebuah produk sudah lama diproduksi, beriklan tetap menjadi penting agar masyarakat khususnya pelanggan tahu bawa suatu produk masih tetap bertahan.

Adding value, iklan suatu produk harus memberikan nilai tambah. Kelebihan dan keunggulan suatu produk harus ditonjolkan untuk mempengaruhi persepsi konsumen secara positif. Sehingga konsumen tidak beralih ke produk lain.

Assiting, iklan juga bersifat mendampingi perusahaan agar produk yang dihasilkan terus meningkat penjualannya. ‎Karena iklan mutlak penting bagi perusahaan untuk memasarkan produknya, terutama produk yang baru diluncurkan.

Intinya, tujuan sebuah iklan adalah menciptakan mega brand. Yaitu produk besar yang akan terus menerus digunakan oleh konsumen. Meskipun produk lain banyak bermunculan, jika suatu produk sudah terlanjur besar, berkualitas ,ditambah harga yang kompetitif, konsumen akan bertahan memakai suatu produk.

Karena itu penting bagi produsen untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya. Jangan lupa untuk terus berinovasi dengan memenuhi harapan konsumen. (Tri)

iklan produk beriklan usaha astaga wanita peluang usaha bisnis