Menghadapi Test Wawancara

Wawancara merupakan salah satu bagian penting dalam proses seleksi calon karyawan. Kadang-kadang, persyaratan administratif seperti surat lamaran dan CV menjadi sekedar formalitas saja dalam proses seleksi.

Wawancara atau interview merupakan kesempatan bagi seseorang untuk menunjukkan kualifikasi yang dimilikinya, oleh karena itu perlu dipersiapkan secara matang. Yang paling penting dalam wawancara adalah bagaimana menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang paling tepat untuk posisi yang sedang dibutuhkan.

Berikut adalah  hal penting yang perlu diperhatikan sehubungan dengan wawancara keja:

# Persiapan

Bekali Anda dengan informasi yang memadai. Pelajari dulu perusahaan yang akan Anda masuki. Tunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan tentang perusahaan. Seperti bidang usahanya, bagaimana jaringannya, siapa konseptornya, dan yang terpenting bagaimana Anda bisa memberikan kontribusi.

# Kesan pertama

Kesan pertama merupakan hal yang sangat penting. Datanglah tepat waktu. Beri jeda waktu untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ruang wawancara. Anda juga harus memperhatikan  penampilan. Kenakan pakaian yang formal, bersih dan terlihat nyaman.

Gunakan make up tipis,  perhiasan yang simpel dan tidak mencolok. Pastikan kuku dan rambut Anda bersih serta rapih.

# Bersikaplah profesional

Jawablah pertanyaan dengan lengkap dan jelas. Jangan bicara terlalu banyak tentang kehidupan pribadi Anda. Jika diminta bercerita tentang Anda sendiri, hubungkan langsung dengan pekerjaan. Ingat. jangan terpancing menjelek-kejelekan tempat kerja Anda sebelumnya.

#Jaga hubungan formal

Jangan sok akrab karena bisa menimbulkan penilaian negatif. Ucapkan salam dengan sopan dan hormat. Jangan duduk sebelum dipersilahkan atau sebelum pewawancara duduk.

# Jujur

Jangan sekalipun berbohong hanya untuk mengesankan Anda hebat. Memberitahukan prestasi dan kelebihan Anda memang perlu tapi ungkapkan sewajarnya dan sesuai kenyataan. Ingat jangan kelewat percaya diri ya.

# Fokus pada apa yang  bisa Anda lakukan

Jangan bertanya tentang gaji, kesejahteraan atau fasilitas lain sebelum Anda benar-benar pasti diterima. Jika ditanya tentang gaji  yang Anda harapkan, berikan jawaban yang pasti jika tidak yakin berikan rentangan nilai

# Bersikap tenang

Jangan terlihat cemas misalnya  mempermainkan pulpen, tangan  atau rambut, bicara sambil menutupi mulut, mengunyah permen, atau menggigit kuku. Cobalah bersikap tenang dan tunjukkan bahasa tubuh yang baik.

# Perhatikan kontak mata

PAndanglah pewawancara ketika sedang berbicara. Jangan mengedarkan pAndangan sehingga Anda terkesan bingung. Tunjukkan bahwa Anda tertarik, percaya diri, tenang dan bersungguh-sungguh. Perhatikan juga perilaku non verbal yang lain seperi sikap duduk dan gerakan tangan.

Di akhir wawancara, tunjukkan sikap positif. Ucapkan terima kasih atas waktu wawancara. Jabat tangannya, katakan bahwa Anda menunggu kabar selanjutnya. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir wawancara tips