Menghadapi Si Penjilat di Kantor

Lingkungan kerja memang merupakan lingkungan yang kompleks karena di dalamnya terdapat beberapa karakter manusia, dalam hal ini pekerja.

Mereka memiliki perilaku yang berbeda-beda. Ada karyawan yang menjunjung etika dalam menggapai kariernya, namun ada juga yang sebaliknya. Mereka menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan, seperti menjilat atasan. Anda punya rekan kerja seperti ini?

Memiliki rekan kerja penjilat memang sangat menyebalkan. Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda bisa jadi akan diserobot  dan hasil kerja atau ide anda akan diklaim sebagai miliknya. Yang lebih ekstrim anda akan dijelek-jelekan di hadapan atasan. Anda mungkin kesal, emosi, atau stres dibuatnya. Jika tidak dikelola dengan baik, kekesalan, emosi, atau stres tersebut dapat menurunkan produktivitas dan kreatifitas. Akibatnya kinerja anda akan turun drastis.

Nah bagaimana menghadapi si penjilat di kantor, berikut solusinya:

Jangan tanggapi sikapnya

Anda tentu bukan satu-satunya orang yang pernah menyaksikan sikap buruknya di kantor. Jika dia mulai membicarakan hal negatif tentang bos atau rekan kerja lain, cobalah untuk mengabaikannya.

Pegawai yang senang menceritakan kejelekan orang lain biasanya hanya senang mencari perhatian. Jadi, saat dia mulai menjelekkan orang lain, tinggalkan saja.

Dia harus tahu bahwa itu merupakan sikap yang buruk dan tidak bisa diterima. Tidak menanggapi sikap buruknya merupakan cara terbaik untuk menyadarkannya.

Bekerja dengan sebaik-baiknya

Sebagai pegawai, anda tentu tak ingin terlihat berprestasi hanya dengan menjilat atasan di kantor. Di hadapan 'si penjilat' sebaiknya anda menunjukkan potensi dan keseriusan bekerja.

Memperlihatkan kekuatan kerja anda dapat membuatnya sadar, bahwa bekerja keras lebih penting dibandingkan hanya bersikap manis pada atasan.

Simpan data dokumen

Jika si penjilat kedapatan mengklaim hasil kerja anda sebagai miliknya sendiri, langsung bicarakan dengan ai penjilat dan tanyakan apa maksudnya.

Untuk menghindari kejadian yang sama di masa depan,  simpan data dokumen yang menunjukkan semua kerja keras anda. Selain itu, jangan ragu-ragu untuk aktif menyampaikan ide dan pendapat anda saat rapat agar atasan dan kolega yang lain tahu siapa yang sebenarnya otak di balik proyek-proyek yang ia klaim.

Bertindak tegas

Jika anda telah melakukan berbagai upaya, tapi sikap 'si penjilat' tetap tak berubah, maka apa boleh buat, bersikaplah lebih tegas. Anda bisa mengumpulkan teman-teman yang lain untuk memberitahu dia soal sikapnya yang buruk dan senang mengeluhkan kejelekan orang lain.

Namun, jika sikapnya sama saja, lebih baik laporkan pada atasan agar dia bisa memperbaiki sikapnya.

Tetaplah bersikap objektif, positif dan profesional. Dengan demikian atasan dan rekan-rekan akan menilai anda sebagai sosok yang patut diperhitungkan. Sehingga si penjilat akan gentar berhadapan dengan anda dan bisa jadi dia akan segera berubah. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir kantor tips bisnis