Menghadapi Karakter Bos yang Menyebalkan

Sayangnya dalam dunia nyata, bos yang ideal itu terbilang langka. Ya memang, tak ada satupun manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk sosok si bos.

Dalam dunia kerja tentu ada sosok seorang bos yang menjadi panutan anak buahnya. Pastinya semua pekerja mendambakan sosok bos yang ideal. Bos yang menginspirasi dengan kepemimpinannya, memperlakukan pekerja dengan setara, menghormati ide-ide dan sudut pandang bawahan, serta dengan tulus peduli dengan kesejahteraan karyawan. 

Sayangnya dalam dunia nyata, bos yang ideal itu terbilang langka. Ya memang, tak ada satupun manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk sosok si bos. Selalu ada saja hal yang kurang berkenan dari si bos. Entah gaya kepemimpinannya atau kepribadiannya.

Mengingat intensitas pertemuan dengan bos di lingkungan kerja yang cukup sering, tentu apapun karakter si bos harus dihadapi secara profesional. Sekalipun dia sangat menjengkelkan.

Nah bagaimana karakter bos anda di kantor? Berikut ini adalah daftar karakter bos terburuk yang pernah ada. Siapa tahu salah satunya adalah bos anda:

1. Si Ahli Membual

Dia pandai bicara tentang suatu permainan yang bagus. Dia seolah mengetahui segalanya. Si ahli membual selalu suka  berbagi cerita hebat tentang siapa saja yang mereka kenal dan prestasi yang telah mereka capai. Seringkali cerita ditambahi 'bumbu' sehingga anda berdecak kagum.

Mereka biasanya tidak tahu apa yang harus mereka lakukan menyangkut pekerjaan yang harus dikerjakan, akibatnya seringkali mengandalkan bawahan untuk membereskan semuanya. Keuntungannya adalah, anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat besar karena anda mengerjakan pekerjaan si bos.

Solusi

Lihatlah ini sebagai suatu kesempatan belajar. Menjadi sandaran bos, anda tidak hanya mendapatkan poin tambahan untuk evaluasi kinerja anda berikutnya, hal ini juga menambah portfolio pengalaman anda. CV Anda akan menjadi jauh lebih mengesankan.

2. Si bom waktu yang siap meledak

Tipe bos ini biasanya yang paling membuat tertekan dan suasana kerja sama sekali tak nyaman. Ada hal kecil saja yang tak disukainya akan membuatnya murka.

Anda tiba di kantor terlambat 5 menit saja, mungkin akan dicaci habis-habisan. Meja kerjanya berantakan, bisa saja ia akan berteriak histeris memaki semua bawahan.

Solusi

Buatlah daftar apa saja yang dapat memicu kemarahan si bos.  Pastikan untuk menghindari setiap hal yang dapat membuatnya murka. Hal ini tentu akan sangat membuat anda tidak nyaman, karena selalu khawatir dan waspada. Tetapi selama anda masih  bekerja di sana, hal inilah yang harus anda lakukan. Memang hal ini begitu menjengkelkan tetapi anda masih bisa menyiasatinya.  

3. Si Narsis

Bekerja dengan seorang narsis,  seseorang pasti akan merasa tidak dianggap. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh si bos narsis kecuali dia sering membanggakan kehebatannya. Sering membicarakan kelebihannya dan menganggap hasil kerja bawahan tak ada artinya.

Solusi

Simpan sebuah catatan akan projek dan pencapaian terbaru anda. Jangan mengandalkan bos anda untuk menyimpan catatan pencapaian dan pengesahan anda. Bisa-bisa pencapaian anda akan diklaim sebagai prestasinya. Jika waktunya tepat, umumkan pencapaian anda pada atasan si bos. 

4. Si gila kuasa

Tipe bos ini akan selalu merasa dirinya benar. Apapun yang diucapkannya bagaikan fatwa yang harus dituruti umat. Apapun yang anda kerjakan meskipun hal kecil akan selalu dalam pengawasannya. Bahkan dia akan memaksa anda untuk meniru cara kerjanya. Dia juga selalu minta dilibatkan dalam pengambilan keputusan sekecil apapun. Dia selalu ingin orang hormat dan tunduk di hadapannya. Sekali saja ia merasa tak dihargai, ia akan mengambil tindakan yang ekstrim dengan memecat atau memutasi pegawainya.

Solusi

Ingatlah bahwa para bos rentan terhadap rasa tidak aman dan juga kekurangan mereka. Tunjukkan apresiasi lebih untuk mendukung dan menghargainya. Sesekali ajak si bos bergabung makan siang bersama rekan kerja anda.  Mungkin cara ini akan membantu anda untuk memahaminya dan  dapat  meningkatkan hubungan  dengannya serta  membuka jalan untuk saling percaya dan menghormati.

Sebenarnya, karakter bos yang menyebalkan itu akan menjadi tantangan tersendiri. Hal ini akan meningkatkan kepekaan anda dalam menghadapi karakter manusia dengan kepribadian yang sulit. Jika anda berhasil 'menaklukannya' , tentu saja ini menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam kehidupan. Dan akan menjadi bekal di kehidupan selanjutnya. [Editor: Tri Meinarni]

bos bisnis