Menghadapi Bos Genit

Pekerja manapun pasti mendambakan punya bos yang bijak. Tapi tentu kita tak bisa menentukan bos seperti apa yang akan menjadi pemimpin kita. So, apapun karakter bos anda hadapi saja dengan senyuman.

Tapi masalahnya, bagaimana jika punya bos genit? Tentu ga nyaman ya. Apalagi jika si bos genit itu juga menggoda anda. Nah berikut ini tipsnya:

Jaga jarak

Seberapa nyaman perasaan anda ketika bos datang dan mendekati meja kerja anda? Jika ada sikap tertentu yang anda anggap tidak nyaman, cobalah memberi sinyal bahwa anda tidak suka dengan perbuatan bos tersebut.

Bahasa tubuh

Ekspresi wajah, gerak, postur, dan reaksi non-verbal lain adalah cara untuk mengontrol sikap bos terhadap anda. Jika sikap anda 'jinak' , jangan salahkan kalau bos merasa tertantang dan justru bersikap semakin berani.

Profesional

Meskipun anda tidak suka dengan sikap bos yang terlalu genit, jangan abaikan pekerjaan. Anda tetap harus profesional demi menjaga reputasi di tempat kerja. Selesaikan pekerjaan dengan baik. Jika anda menunjukkan prestasi kerja, bisa jadi bos malah segan terhadap anda.

Jangan bergosip

Meskipun tak suka dengan si bos, jangan sekali-kali membicarakan kegenitan si bos bersama rekan lain. Lebih baik anda diam jika ada rekan yang membahasnya. Karena bagaimanapun bos tetap punya otoritas dalam menghadapi anak buahnya.

Kenalkan pacar

Jika ada kesempatan, coba  perkenalkan pacar anda pada si bos. Tunjukkan bahwa anda sudah menjalin hubungan serius dengan pria lain dan tidak tertarik memulai hubungan dengan si bos.

Melapor

Jika sikap si bos sudah cukup melewati batas, jangan ragu untuk melapor pada bagian HRD atau atasan si bos. Tidak perlu takut sejauh anda benar. Jika ada, sertakan bukti-bukti yang mendukung.

Nah kini tak perlu bingung ya menghadapi bos yang genit. Tapi jika berbagai upaya yang telah anda lakukan masih membuat anda tak nyaman, coba pikirkan untuk resign dan mencoba peluang di tempat lain. Jika ada peluang yang lebih baik, kenapa tidak? [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir bos genit kantor karir