Manfaatkan Waktu Istirahat di Kantor Untuk Mencapai Sukses

Apa yang anda lakukan saat istirahat siang di kantor? Menurut beberapa survey, apa yang dilakukan saat jam istirahat siang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesaan seseorang

Pembicara bisnis terkemuka, asal Amerika, Michael Kerr,  mengatakan, “Orang sukses memperlakukan jam istirahat makan siang seperti waktu istirahat pada pertandingan olahraga, sebuah kesempatan untuk menyusun dan mempertimbangkan apa yang akan dilakukan di sisa waktu yang dimilikinya.”

Jadi, bagi orang sukses, jam istirahat siang merupakan waktu yang penting. Cara seseorang menghabiskan waktu makan siang ini dapat menentukan kesuksesan mereka. Berikut adalah beberapa kegiatan yang harus dilakukan saat istirahat siang agar berada di jalur kesuksesan.

Menyusun rencana

Jam makan siang adalah waktu yang tepat untuk menilai apa yang telah dilakukan di pagi hari dan menyusun rencana untuk sisa hari berikutnya. Dengan menyiapkan mental dan pikiran sebelum melakukan aktivitas di siang hari, anda dapat menyelesaikan tugas  dengan lebih baik dan efektif.

Istirahat

Bekerja dengan giat dan rutin bukan berarti harus bekerja terus-menerus tanpa isirahat. Untuk bisa mencapai kesuksesan, seseorang harus tahu kapan waktu untuk bekerja dan beristirahat.

Melewatkan jam istirahat justru dapat mengurangi produktivitas dan membuyarkan konsentrasi. Sebentar saja waktu yang dipakai untuk istirahat serta membiarkan pikiran terlepas dari pekerjaan dapat membuat pikiran lebih segar dan lebih siap untuk kembali beraktivitas.

Makan yang tepat

Berpikir sangat menguras energi. Jadi wajar jika anda merasakan lelah setelah berjam-jam bekerja. Untuk mengisi kembali energi yang terkuras, tubuh membutuhkan asupan gizi. Manfaatkan waktu istirahat ini untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dengan porsi yang cukup.

Makan dengan porsi yang terlalu banyak akan menyebabkan tubuh stress dan mengantuk. Bahkan dapat mengurangi kemampuan berfikir untuk fokus saat harus kembali menjalani rutinitas. Karena itu makan dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Olahraga ringan

Menghabiskan waktu berjam-jam duduk memandangi monitor sangat tidak baik untuk kesehatan mata, leher, serta punggung. Berat badan pun secara tidak sadar akan bertambah dengan kebiasaan buruk ini.

Manfaatkan waktu istirahat siang dengan meluruskan badan serta melatih otot-otot yang tidak digerakkan saat menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja. Kegiatan ini berguna selain untuk merenggangkan dan melatih tubuh, juga dapat meningkatkan konsentrasi saat harus kembali bekerja.

Bersosialisasi

Manfaatkan jam istirahat makan siang untuk bersosialisasi dan mengenal lebih dekat rekan kerja. Memiliki hubungan yang baik dan dekat dengan rekan kerja dapat mengurangi tingkat stress yang sering timbul di lingkungan pekerjaan.

Kekompakan tim yang solid memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja sebuah perusahaan. Jangan salah, saat ini banyak perusahaan besar seperti Apple inc. menilai kinerja individu berdasarkan opini dari anggota tim dan rekan kerjanya. Maka jalinlah  hubungan baik dengan rekan kerja.

Menyelesaikan urusan pribadi

Gunakan waktu luang saat jam istirahat makan siang untuk menyelesaikan urusan pribadi yang tidak mungkin dikerjakan saat jam kerja. Membalas email pribadi, menelepon pasangan atau anggota keluarga, merencanakan liburan, membaca buku, atau membaca berita yang tidak sempat dilakukan saat pagi hari adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengisi jam istirahat. Namun manfaatkan waktu istirahat itu dengan kegiatan positif. Sehingga kegiatan tersebut akan memberikan perubahan positif pula dalam karir anda. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir bisnis