Kesalahan di Media Sosial yang Bisa Menghancurkan Karir

Di jaman sosial media sekarang ini, semua orang sepertinya sudah sangat tergantung pada teknologi. Tak peduli tua muda, hampir semua orang pasti memiliki media sosial.

Memang begitu banyak keuntungan denganmenggunakan sosial media. Di antaranya untuk mendapatkan berbagai informasiterkini, menjalin silaturahmi dengan teman lama maupun baru.

Tapi ternyata, dari banyaknyakeuntungan, menggunakan media sosial bisa menimbulkan kerugian jika anda tidakbijak dalam menggunakannya.

Karena media sosial itu seperti bukupribadi yang bisa dilihat semua orang, jadi jangan sampai anda salah bicaraatau mengeluarkan komentar yang negatif karena hal tersebut bisa berpengaruhdalam karir anda

Jadi, jangan sampai andamelakukan kesalahan di media sosial seperti dibawah ini ya.

1. Complain tentangperusahaan tempat anda bekerja

Jika merasakan ketidaknyamanan dalam halapapun tentang pekerjaan yang harus lakukan bukan update status tapimenghubungi orang yang bertanggung jawab atas ketidaknyamanan anda. Pekerjaanmemang butuh kenyamanan, tapi kalau anda tidak mendapatkannya jangan sekalipunmembaginya di sosial media. Itu hanya akan menimbulkan kesan buruk terhadapanda, bukan terhadap tempat dimana anda bekerja.

2. Membagikan konten yang tidak jelas isinya

Saat anda membagi sebuah link berisikonten, video atau apapun, anda harus memastikan bahwa anda tahu jelas apaisinya. Jangan sampai anda asal membaginya saja dengan alasan lucu atau sedangheboh dibicarakan. Jika anda asal menggunakan media sosial, anda sendiri yangakan rugi karena orang lain, rekan kerja ataupun bos akan menganggap andaadalah orang yang sembrono.

3. Memposting berita hoax

Sekalipun anda memiliki pendapat tentangsuatu berita,  pastikan postingan anda itu bersifat positif. Jangan sampaianda mengatakan hal-hal negatif dengan bahasa yang  kasar. Apalagi yangbersifat mencaci maki, mencemooh atau menyakiti orang lain secara verbal. Andajuga harus bisa menahan diri sekalipun anda sedang emosi. Ingat, media sosialbukanlah tempat yang tepat untuk melampiaskan emosi anda.

4. Mengomentari postingan orang laindengan komentar buruk

Meskipun anda memiliki masalah denganorang lain, anda jangan sampai mengomentari hal yang buruk tentangnya. Karenahal ini bisa menimbulkan pertengkaran yang bisa dilihat semua orang di sosialmedia. Lebih baik anda bicara langsung pada orang tersebut jika memang adamasalah yang harus diselesaikan.

5. Menyebarkan rahasia perusahaan

Adalah kesalahan yang sangat fatal jikaanda menyebarkan data-data rahasia perusahaan di media sosial. Hal ini akanlangsung mempengaruhi karir anda. Semua orang kantor akan langsung tahu sekalianda mempostingnya dan anda pasti tidak akan dipertahankan lama olehperusahaan. Karena sikap ini  termasuk melanggar dan membahayakanperusahaan.

6. Membuat status tentang  tawaranpekerjaan di tempat lain

Katakanlah anda memang tengahmempertimbangkan tawaran kerja di tempat lain, tapi keep saja untuk dirisendiri, selama belum ada kepastian. Jangan sampai anda gembar gembor di mediasosial  tentang tawaran pekerjaan lain di saat anda masih bekerja diperusahaan yang lama. Ini sama sekali tidak etis.

Kuncinya adalah anda harus bijak dalammemanfaatkan media sosial. Berpikirlah terlebih dulu baru kemudian mempostingsesuatu. Jangan sampai menyesal belakangan. Lebih baik posting hal-hal yangpositif dan bermanfaat, misalnya motivasi karir atau kisah inspirasi. Memang,sepositif apapun  postingan anda tetap akan ada yang tidak menyukai.Itulah resiko bermain media sosial. Tentunya anda harus sudah siap dengansegala dampaknya.

Ingat, media sosial memang bisa menjadisarana yang baik untuk meningkatkan karir, tapi sebaliknya bisa juga menjadipenghancur jika anda tidak tepat memanfaatkannya. Maka bangunlah image yangbaik lewat media sosial maupun dalam keseharian.

Jangan sekalipun melakukan kesalahan di media sosial ya. Ingat, pimpinan atau bos anda punya banyak matadan telinga, sehingga dia bisa tahu apa yang anda posting sekalipun anda takberteman dengannya. Maka berhati-hatilah! [Editor:Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir karir komunikasi bisnis media sosial