Jika Rekan Kerja Sering Meminta Bantuan

Dalam lingkungan kerja, pastinya kita akan menghadapi rekan kerja dengan berbagai karakter. Ada yang kooperatif, ada yg arogan, cuek dan sebagainya.

Mungkin seiring dengan pengalaman kerja yang terus bertambah, kita akan terlatih menghadapi aneka karakter rekan kerja. Tapi bagaimana jika menghadapi rekan kerja yang seringkali meminta bantuan?

Mungkin sekali dua kali masih bisa dimaklumi. Tapi jika sudah terlalu sering meminta bantuan bahkan sampai mengganggu pekerjaan anda sendiri, tentu tak bisa dibiarkan.

Bersikap tegas
Coba anda jelaskan secara tegas padanya bahwa anda  tidak dapat membantunya karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika dia tak bisa menerima, jelaskan dengan nada yang lebih tegas bahwa semua memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, yang harus diselesaikan pada waktunya.

Katakan padanya jika anda terlalu sering membantunya, pekerjaan anda akan terbengkalai.

Jika anda memang memutuskan untuk memberikan bantuan lagi katakan dengan jelas bahwa untuk selanjutnya supaya pekerjaan tersebut dilakukannya sendiri.

Bicarakan pada bos
Jika penjelasan anda tak berhasil, apa boleh buat, temui bos dan biicarakan masalah anda.
Ceritakan secara jelas namun jangan dibumbui masalah pribadi.

Mungkin bos akan memikirkan jalan keluar atau bisa jadi mengajak Anda dan rekan kerja bicara bersama dan membahas penyelesaiannya. Biasanya seorang pemimpin yang bijak bisa memahami kesulitan karyawannya dan menawarkan solusi yang tepat.

Percayalah tak ada kesulitan tanpa penyelesaian. Dengan komunikasi yang tepat, setiap masalah dapat diatasi dengan baik. (Editor: Tri Meinarni)

astaga wanita wanita karir rekan kerja tips work