Jika Karir Tak Sesuai Minat dan Bakat

Menemukan karir atau pekerjaan yang sesuai minat dan bakat memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan tak jarang kita bekerja di bidang yang tidak sesuai keinginan kita.

Lalu bagaimana jika anda terlanjur bekerja di bidang yang tidak anda sukai? Apakah anda harus memutuskan keluar atau bertahan? Coba perhatikan tips berikut:

1. Lakukan apa yang membuat anda tertarik

Meskipun uang begitu penting, tapi uang bukanlah segalanya. Jika anda bekerja demi uang, maka anda akan selalu merasa terbebani. Bahkan  anda akan lebih sering mengeluh dan membenci pekerjaan anda. Lakukan apa yang memang membuat anda tertarik dan coba cari celah untuk mengembangkan karir anda dalam bidang tersebut.

2. Pikirkan tentang pekerjaan anda saat ini

Sebelum berburu pekerjaan yang baru, anda mesti berpikir tentang apa yang tidak anda sukai tentang pekerjaan saat ini. Misalnya, lingkungan, rekan kerja atau atasan anda di kantor. Jika anda mencintai pekerjaan itu, maka carilah pekerjaan sejenis di perusahaan lain yang kompetitif. Namun, jika anda memang tidak menyukainya, maka cobalah berburu karir baru di bidang yang baru.

3. Meninjau penilaian karir

Cobalah tinjau karir anda selama ini. Apakah sudah sesuai harapan atau jauh di bawah harapan. Apakah anda merasa bahagia atau sebaliknya? Jika anda merasa sangat tertekan, jangan memaksakan diri. Mulai rencanakan untuk berkarir di bidang baru. Tapi jangan terburu-buru. Pelajari situasi dan kondisi yang mendukung. Namun jika anda merasa enjoy, meski bidang karir tak sesuai, anda bisa mempertimbangkan untuk tetap bertahan.

4. Ikut kursus

Anda bisa mengikuti beberapa kursus yang menawarkan latihan keterampilan di bidang yang anda minati. Ikutilah seminar atau workshop yang sesuai dengan bidang yang anda minati di akhir pekan. Sementara itu, anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan anda saat ini.

5. Menjadi relawan

Jika anda masih kurang yakin dengan perubahan karir ini, maka anda bisa mencoba jadi relawan di bidang yang anda minati. Hal ini dapat memberi anda gambaran tentang karir baru tersebut.

6. Jangan terburu-buru

Jangan bersikap gegabah dan keluar dari pekerjaan anda saat ini, kecuali anda telah mengamankan posisi yang baru. Cobalah bersikap cerdas dalam berburu pekerjaan baru.

Jangan berhenti mencari informasi bidang karir yang sesuai dengan keahlian dan minat anda ya. Sambil tetap fokus bekerja di bidang saat ini. Percayalah kalau jodoh tak kemana, jika anda terus berusaha bukan tak mungkin akan ada peluang sesuai harapan anda. Tapi jika ternyata tidak, jangan putus asa. Anda harus percaya akan kekuatan takdir. Dimana apa yang anda hadapi dan jalani saat ini adalah yang terbaik. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir karir