Jika Bos Introvert, Bagaimana Menghadapinya?

Sebagai karyawan atau bawahan, tentu anda dituntut untuk bisa menghargai, menghormati sekaligus bekerja sama dengan bos

Sebagai karyawan atau bawahan, tentu anda dituntut untuk bisa menghargai, menghormati sekaligus bekerja sama dengan bos. Sebagai anak buah, mungkin anda mengharapkan bos dapat memberi solusi dan pandangan terhadap masalah pekerjaan yang dihadapi di kantor.

Tapi, masalahnya bagaimana jika bos anda adalah tipe introvert ? Jangankan bekerjasama atau memberi solusi, berkomunikasi saja mungkin sulit.

Bos introvert biasanya tak memiliki keahlian manajerial untuk melakukan tugasnya dengan baik. Tipe atasan semacam ini menempati posisinya karena keahliannya dalam bidang kerjanya (bukan keahlian memimpin) atau hal-hal negatif lain, seperti nepotisme.

Bos tipe ini biasanya merupakan orang jenius yang suka menganalisa segala hal, tapi tak mengerti cara berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain. Dia mungkin tidak suka mengobrol dan tidak punya banyak teman.

Dia tidak tahu ke mana  ia harus membawa timnya dan sering mendapat ide-ide yang kurang matang. Ia hanya percaya pada idenya sendiri dan percaya bahwa idenya akan berhasil, sementara yang lain tidak.

Tanpa rencana-rencana yang jelas dan keputusan yang baik terhadap setiap masalah, tim kerjanya akan berantakan. Jika anda memiliki bos semacam ini, anda dan tim akan sering meragukan kapabilitasnya dan harus hati-hati terhadap ke-salahannya. Dia sering tidak menyadari akan segala hal mengenai bawahan dan tim kerjanya.

Mengapa bos bersikap begitu? Hal ini disebabkan karena ia merasa benar dalam segala hal. Ia belajar memimpin hanya dengan otaknya, dan tak paham bahwa manajemen bisa dicapai dengan pendekatan yang berbeda. Dia punya otak yang bisa menganalisa segalanya di tempat kerja, tapi ia tidak memperhitungkan sisi-sisi kemanusiaan, seperti politik di tempat kerja, humor, kesenangan, dan kebahagiaan.

Bagaimana cara menghadapi bos introvert?

Jangan melawan

Jangan pernah sengaja untuk  melawannya. Angka-angka dan logika biasanya merupakan keahliannya dan ia sering lebih cerdas dan masuk akal daripada yang anda pikirkan. Daripada melawannya, biarkan saja ia bicara dan tunjukan bahwa anda percaya padanya, lalu tawarkan opini yang lain dengan cara bertanya.

Pertanyaan akan membuat bos berpikir dan jawaban yang ia berikan membuat ia seakan menelurkan ide-ide baru dari dirinya sendiri meskipun anda yang mengarahkan ia ke situ. Anda pun bisa mendapatkan apa yang anda inginkan dalam pekerjaan

Gunakan teknologi online

Jika bos sulit berkomunikasi secara langsung, manfaatkan teknologi. Untuk berkomunikasi dengannya,  tidak perlu bertatap muka secara langsung. Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk tetap berhubungan dengannya untuk menanyakan atau melaporkan masalah pekerjaan.

Mungkin dia merasa lebih nyaman jika berkomunikasi tanpa berhadapan secara langsung. Memanfaatkan teknologi online artinya anda menghargai dia. Nah dari komunikasi tersebut, jika ada hal yang mendesak, ia pasti akan memanggil anda untuk berhadapan secara langsung.

Perbanyak pengetahuan

Perbanyak pengetahuan berguna untuk bicara dengan bos yang introvert. Meski introvert, pada dasarnya dia suka karyawan yang cerdas. Maka jangan malas untuk membaca berita dan mengetahui perkembangan hal baru. Hal ini penting, agar jika berhadapan dengannya, anda nampak 'berisi' dan tak kebanyakan basa-basi.

Bersikap profesional

Perasaan tidak nyaman mungkin akan anda temui saat harus berhadapan dengan bos introvert. Tapi ingatlah untuk bersikap profesional. Ingatlah bahwa anda akan selalu bertemu dengannya. Anda bisa melakukan pendekatan dan berusaha untuk mengenalnya lebih dekat. Lakukan dengan cara yang elegan yaitu dengan cara menunjukkan prestasi dan kualitas diri.

Mencari tahu

Siapapun itu akan merasa senang jika diperhatikan. Maka tidak perlu segan untuk mencari tahu tentang si bos. Cari tau tanggal lahirnya, apa makanan favoritnya. Tak ada salahnya beri dia perhatian saat ulang tahun. Ajak rekan-rekan untuk sedikit merayakan ulang tahunnya dengan memberinya kejutan kecil. Atau sesekali bawakan makanan kesukaannya. Percayalah dia tak akan pernah menolak dengan perhatian yang menyenangkan ini.

Well, jika anda bisa menghadapi bos introvert secara positif, bukan tidak mungkin dia akan mempercayai anda. Bahkan bukan tidak mungkin, ia akan belajar banyak dari anda tentang cara berkomunikasi dan berhadapan dengan semua rekan kerja, baik atasan maupun bawahan. Itu artinya, anda harus bersiap dengan promosi jabatan. Jangan lupa untuk tetap mengasah kemampuan dan tetap rendah hati ya..! [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita work introvert atasan