Ingin Sukses Meraih Promosi Jabatan? Lakukan Lebih dari Yang Lain!

Siapa sih yang tak ingin unggul dan melesat dalam karir? Tentu hal itu menjadi impian semua pekerja.
Tapi memang tak semua orang dengan mudah mencapai karir terbaiknya.

Lalu bagaimana anda bisa keluar dari rintangan tersebut dan menaiki tangga kesuksesan?Jika anda saat ini sedang mendambakan  naik pangkat, berikut ini ada lima cara agar ‘dilihat’ dan mendapatkan promosi jabatan.

1. Berikan lebih

Ada satu aturan main yang harus anda perhatikan yang menjamin kesuksesan. Yaitu dengan memberikan  yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang anda lakukan. Jika anda bisa terus melakukannya, anda akan mendapat perhatian dari si bos dan masuk dalam daftar kandidat karyawan yang layak mendapatkan promosi kerja.

Anda juga akan menambah value pada citra anda sebagai pekerja yang bisa diandalkan. Ketika anda selalu memberikan kemampuan terbaik anda, maka anda akan menjalani kehidupan dan pekerjaan dengan sukses.

2. Lakukan lebih

Ketika si bos atau manajer sedang mencari orang untuk menghandle project special, beranikan diri untuk menerima tantangan. Niat untuk melakukan pekerjaan lebih dari yang diminta, terkadang akan membedakan anda dengan yang lainnya. Orang yang memberikan ‘keringat’ lebih banyak saat bekerja biasanya akan mendapatkan timbal balik yang lebih pula.

Dengan begitu peluang anda  mendapatkan promosi kerja akan menjadi lebih besar dari yang lainnya. Anda juga bisa secara sukarela membantu teman atau rekan kerja asalkan tanggung jawab pekerjaan tetap diutamakan.

Ketika anda melihat rekan kerja dalam kesulitan dan anda menawarkan bantuan, ini akan menjadi point plus plus untuk anda. Karena kemudian bisa jadi mereka akan mengatakan kebaikan anda pada rekan kerja lainnya, dan mungkin bahkan kepada atasan anda.

3. Terus belajar

Tidak berhenti belajar adalah salah satu rahasia yang dilakukan oleh orang sukses. Mungkin saat ini anda sudah menyelesaikan kuliah atau lulus dengan cumlaude dari universitas terbaik di kota anda, namun dunia kerja adalah dunia yang berbeda. Anda tidak akan bisa bergantung pada intelegensia atau apapun yang anda pelajari di bangku kuliah semata.

Hal penting pertama yang harus anda lakukan adalah  memahami semua tanggung jawab, pekerjaan, dan karir anda. Belajar lah pada mereka yang lebih berpengalaman dari anda. Anda juga harus tetap terbuka untuk belajar tentang perusahaan tempat anda bekerja dan segala jenis cara kerjanya.

Pelajari produk apa saja yang perusahaan hasilkan dan cara memasarkannya. Anda harus selalu memiliki rencana belajar sendiri. Hal itu bisa jadi dilakukan dengan mengambil kursus atau membaca buku atau dengan mempelajari skill atau teknik baru secara online. Mereka yang terus belajar ketika bekerja maka akan terus berkembang dan meraih sukses lebih cepat.

4. Ajukan aplikasi

Tidak akan ada yang tahu jika anda ingin mendapatkan promosi kerja jika anda tidak pernah mencari informasi. Isi aplikasi lebih awal dan ajukan lebih sering untuk menunjukkan pada bos, bahwa anda ingin memajukan karir di perusahaan. Bukan berarti anda harus melamar ke semua posisi yang dibutuhkan, tapi ajukan lamaran hanya ke beberapa posisi yang sesuai kualifikasi anda saat ini, atau ke posisi yang mungkin sedikit di atas standar.

Cari tahu beberapa posisi yang saat ini sedang dibutuhkan oleh perusahaan dan buat rencana lamaran. Anda ingin manajer  tahu bahwa meskipun anda merasa nyaman dengan pekerjaan yang sekarang, anda selalu ingin yang lebih baik. Beberapa atasan akan melihatnya sebagai tanda antusiasme. Cepat atau lambat, energi positif itu akan segera membuahkan hasil.

5. Anda membutuhkan bantuan lebih

Sebagai mahluk sosial anda selalu membutuhkan rekan, teman, aliansi di tempat kerja untuk menuju sukses. Hal ini termasuk rekan kerja, supervisor, dan manajer. Tapi untuk bisa unggul dalam pekerjaan, anda akan membutuhkan bantuan lebih dari itu.

Rahasia dari mereka yang sukses adalah dengan memiliki mentor yang bisa memandu anda dalam berkarir. Seorang mentor biasanya adalah orang yang berada dalam satu industri karir dengan anda, memiliki pengalaman yang lebih dan tentunya memiliki koneksi yang lebih luas. Mentor bisa menjadi pintu untuk memperkenalkan anda pada berbagai koneksi bisnis.

Memiliki mentor adalah jalan lain menuju sukses, terutama bagi beberapa orang yang kesulitan untuk maju. Mereka akan membantu anda mengasah semua skill dan teknik komunikasi anda menjadi lebih baik. Selain itu mereka juga bisa menjembatani anda menuju promosi kerja.

Kesimpulannya, lakukanlah lebih dari apa yang karyawan lain lakukan. Dengan demikian anda selangkah atau beberapa langkah lebih maju dari mereka. Dampaknya bos atau manajer anda yakin dan percaya bahwa anda lebih baik dari yang lainnya. Sehingga para pemimpin tak akan ragu mempromosikan anda untuk jabatan yang lebih oke. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita wanita karir karir komunikasi bisnis