Ingin Mengambil Hati Atasan? Kenali Dulu Sifat yang Disukai Atasan..!

Suka tidak suka, karir anda juga dipengaruhi oleh penilaian bos atau atasan anda. Karena itu anda harus pandai-pandai 'mengambil hati' bos, tentu saja dengan cara yang positif.

Suka tidak suka, karir anda juga dipengaruhi oleh penilaian bos atau atasan anda. Karena itu anda harus pandai-pandai 'mengambil hati' bos, tentu saja dengan cara yang positif.

Tapi bagaimana caranya mengambil hati atasan? Untuk mengetahuinya, kenali sifat yang umumnya diinginkan atasan dari karyawannya.

Menurut Gerald McGroarty dari Brandon Taylor Consulting, ada 7 sifat karyawan yang diharapkan dari atasannya, yaitu:

Menuntaskan pekerjaan

Fokuslah pada pekerjaan anda, sehingga anda dapat mencapai target kerja dengan baik. Menuntaskan pekerjaan sesuai deadline menunjukkan anda pribadi yang profesional dan bertanggung jawab.

Bertanggung jawab

Orang yang tidak bertanggung jawab adalah orang yang tidak menepati janji. Jangan memberikan  target terlalu tinggi, kalau anda sendiri ragu apakah anda bisa mencapai target tersebut atau tidak. Buatlah janji dan target yang realistis, dan jadilah orang yang bertanggung jawab. Dan ketika anda melakukan kesalahan, siaplah untuk menanggung resiko dari kesalahan tersebut.

Bekerja ekstra

Bekerja ekstra akan membuat anda tampak istimewa, asalkan pekerjaan yang anda lakukan masih dalam batas kewajaran dan sesuai dengan tanggung jawab anda. Anda bisa melakukan pekerjaan ekstra dengan cara membantu rekan anda menyelesaikan pekerjaannya. Jelas hal ini akan membuat nilai lebih di mata bos.

Lupakan harga diri anda

Sekalipun anda dikenal sebagai sosok individu yang smart dan ahli di bidangnya, anda harus mampu bekerja secara tim dan mengesampingkan ego anda. Terimalah bahwa kadang ada cara yang lebih baik dan efektif daripada cara anda. Bila tim anda sukses, anda pun akan mendapatkan reputasi yang baik.

Jauhi gosip

Gosip di lingkungan kantor memang sangat menarik, selama bukan anda yang jadi bahan pembicaraan. Tapi, atasan biasanya lebih suka bila anda fokus pada kerjaan daripada asyik membicarakan tentang gosip seputar kantor. Ingat, atasan anda tidak membayar anda untuk mengetahui kabar terbaru di kantor atau bergosip.

Tidak mengeluh

Tidak ada salahnya bertanya bila anda mengalami hambatan atau masalah dalam melakukan tugas. Daripada sekedar mengeluh tanpa henti, berbicaralah dengan atasan anda untuk mencari solusi terbaik.

Hormat

Sikap hormat tidak hanya diberikan kepada atasan anda saja, tapi juga rekan kerja. Bentuk hormat yang bisa anda berikan adalah mengakui dan menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat yang perlu didengar. Jika anda bisa menghormati dan menghargai orang lain, mereka pun akan menghargai dan menghormati anda.

Percayalah selama anda bisa bersikap positif di lingkungan kerja, maka bukan hanya berdampak baik terhadap karir anda, tapi juga untuk anda sebagai pribadi. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir atasan work