Ingin Berbisnis? Bersiaplah Resign!

Apakah saat ini anda tengah berpikir untuk berhenti jadi karyawan lalu membangun bisnis ?

freepik

Ya, bekerja sendiri, membangun bisnis dan mengelolakeuangan sendiri merupakan impian sebagian besar karyawan. Apalagi bagi karyawan yang sudah jenuh bekerja dengan orang lain dengan penghasilany ang biasa-biasa saja.

Meskipun terdengar muluk, tapi memulai bisnis pribadibukanlah hal yang mustahil. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi Anda ?

Berikut beberapa cara yang harus diilakukan sebelum berhenti sebagai karyawan dan mengejar impian Anda :

Bayar hutang

Jika selama Anda menjadi karyawan, Anda memiliki hutang konsumen, seperti cicilan kartu kredit, mobil dan lainnya sebaiknya buatlah prioritas untuk melunasi hutang yang ada.

Hutang konsumen adalah jenis hutang yang berisiko, contoh utamanya kartu kredit yang merupakan hutang dengan suku bunga tinggi, karena tidak didukung aset apapun untuk mengimbangi hutang.

Hitung berapa banyak uang yang perlu disimpan

Setelah melunasi semua hutang yang ada, lanjutkan ketujuan berikutnya yakni menentukan secara tepat berapa banyak uang yang perlu disimpan.

Ketika berencana untuk menentukan bisnis impian, buatlah daftar semua pengeluaran bulanan, termasuk semua kebutuhan seperti pakaian, makanan dan lainnya. Buatlah tujuan dari tabungan seperti pensiun dan investasi.

Cari jumlah minimal untuk hidup Anda bila tidak menerima gaji. Kemudian kalikan angka ini untuk enam bulan ke depan. Ini akan membantu Anda menghitung berapa banyak uang yang harus disimpan untuk membuat transisi karier dari karyawan ke pebisnis yang sukses.

Pisahkan antara keuangan  bisnis dan keuangan pribadi

Keuangan memainkan peran penting untuk perencanaan bisnis. Siapkan rekening bank terpisah antara bisnis dan pribadi. Gunakan rekening pribadi untuk transaksi rumah tangga. Sedangkan biaya yang berhubungan dengan pekerjaan dan bisnis gunakan melalui rekening kerja. Memisahkan rekening perlu dilakukan untuk membantu menjaga keuangan Anda lebih terorganisir.

Bersiaplah untuk menghadapi resiko apapun

Seringkali terjadi, impian dan harapan jauh lebih indah dari kenyataan. Kenyataannya dalam membuat perubahan untuk sebuah karier yang besar, Anda harus siap  meninggalkan segala macam kenyamanan yang mungkin sudah Anda rasakan.

Di awal merintis bisnis, Anda harus siap mengorbankan waktu pribadi. Misalnya jika biasanya di akhir pekan Anda bisa berlibur bersama keluarga, mungkin Anda harus tetap bekerja memikirkan strategi bisnis.

Jika Anda benar-benar menikmati dan yakin dengan rencana bisnis Anda, hal yang tidak mungkin bisa dilalui. Bahkan bukan tidak mungkin,masa depan yang cerah akan Anda raih melalui bisnis yang Anda jalankan, apapun jenis bisnisnya.

Dan ketika sukses telah diraih, Anda bisa mengatur waktu sendiri, seperti kapan  liburan dan kapan harus bekerja.

Nah jika Anda siap bekerja keras, menghadapi berbagaikesulitan dan tantangan, bersiaplah menghadap bos dan ajukan pengunduran diri..! [Tri]

bisnis astaga wanita siap berbisnis tips bisnis wanita karir