Gerak Cepat Berburu Kerja

Bagi anda para fresh graduate tentu tak ingin lama-lama tanpa pekerjaan. Anda ingin cepat bekerja mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.

Bagi anda para fresh graduate tentu tak ingin lama-lama tanpa pekerjaan. Anda ingin cepat bekerja mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Namun, persaingan yang sangat ketat, urusan mendapat pekerjaan usai kuliah tak semudah membalik telapak tangan.

Tapi tak perlu berkecil hati, lakukan usaha secara maksimal. Berikut ini cara mendapatkan pekerjaan usai kuliah:

# Walk Interview

Anda bisa langsung datang ke perusahaan yg membuka peluang kerja. Biasanya perusahaan retail yang kerap membuka walk interview. Cara ini cukup efektif karena anda bisa langsung  tes psikotes dan interview. Bahkan sebagian perusahaan akan memberitahu hari itu juga, apakah anda diterima atau tidak.

# Kirim CV ke berbagai perusahaan

Antar atau kirim CV anda ke banyak perusahan. Meskipun tak ada vacancy, tak ada salahnya mengirim CV. Sehingga ketika perusahan itu membuka peluang, ada kemungkinan anda dipanggil lebih dulu.

# Via Email

Cara ini cukup efektif karena dalam satu hari anda bisa mengirim CV hingga  belasan atau puluhan. Cara ini terbilang irit ketimbang mengantarkan CV secara langsung. Karena anda hanya butuh kuota internet untuk  melamar ke banyak perusahaan.

# Via pos

Kirimkan CV dan lamaran anda lewat pos, hanya ke perusahaan yang menerima lamaran lewat pos. Karena belakangan ini, banyak perusahan yang hanya menerima CV lewat email atau secara langsung.

# Situs karir

Jangan lupa pantau terus, perkembangan situs-situs karir. Disitu biasanya terdapat banyak iklan peluang kerja dari berbagai perusahaan. Segera kirimkan CV anda jika ada yang sesuai dengan kriteria anda.

# Pameran karir

Datangi pameran karir, yang biasanya dilaksanakan di aula gedung tertentu atau area publik. Jangan lupa bawa CV anda dalam jumlah banyak. Karena dalam pameran tersebut akan ada banyak perusahan yang membuka peluang kerja. Bahkan ada beberapa perusahaan yang langsung melakukan interview untuk calon karyawan yang datang. Maka persiapkan diri sebaik mungkin.

Semakin banyak anda mengirim CV akan semakin besar pula kemungkinan anda untuk mendapatkan peluang. Intinya terus berusaha dan 

jangan lewatkan setiap kesempatan. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita karir pekerjaan fresh graduate